Malaka Dukung Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor

aa | Senin, 16 April 2018 , 17:51:00 WIB

Swadayaonline.com - Malaka, Kabupaten di Provinsi NTT memulai geliatnya salah satunya melalui pelatihan teknis tematik bawang merah bagian timur. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunana Kabupaten Malaka adalah salah wujud mempercepat terlaksanannya Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor di Perbatasan.

Percepatan ini diharapkan tidak hanya sebagai slogan belaka, melainkan juga  harus menjadi sebuah kenyataan. Secara keseluruhan, Kabupaten. Malaka dalam rangka mensukseskan kebijakan Kementan melalui Direktorat Hortikulutura untuk mendukung program LPBE di perbatasan telah menyiapkan lahan seluas 280 ha untuk bawang merah, dengan dana dari APBN seluas 100 ha dan dana  APBD untuk lahan seluas 180 ha. 

Dalam arahan yang disampaikan oleh Yosep Klau Berek selaku Kepala Bidang Hortikultura mewakili Kepala  Dinas Partanian Tanaman Pangan, Hortikultira dan Perkebunan Kabupaten Malaka, bahwa semua peserta pelatihan berkewajiban untuk mensukseskan pengembangan kawasan hortikultura di wilayah perbatasan, walaupun jumlah peserta terbatas dan belum mencukupi perwakilan secara keseluruhan dari wilayah perbatasan, tapi semua bisa diyakini bahwa dengan kerjasama yang nyata dari semua pihak dan didukung oleh dana yang ada pasti lumbung pangan wilayah perbatasan akan bisa tercapai. SY/YNI