Pacet, Produksi Sapi Perah Tertinggi

udin abay | Senin, 16 April 2018 , 20:49:00 WIB

Swadayaonline.com - Sapi perah merupakan komoditas yang paling menjanjikan di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Kelembagaan Ekonomi Petani "Rukun Abadi" desa cembor kec. pacet adalah kelembagaan usaha sapi perah dengan produksi susu tertinggi di Kecamatan Pacet, yaitu 25 liter per ekor per hari.

Asumsi harga susu per liter Rp.5.000, maka omset penjualan susu mencapai Rp.125.000/ hari. Biaya pakan perhari Rp.55.000/ ekor (Rp 25.000 unt hijauan, Rp.30.000 untuk dedak dsb nya), sehingga pendapatan perhari Rp. 70.000/ ekor, ditambah bonus anak sapi sebagai pendapatan.

Melalui inovasi kelembagaan ekonomi petani dalam bentuk BUMP maka KEP "Rukun Abadi" dapat dengan mudah menjangkau sistem pembiayaan perbankan karena usaha pertanian sudah dikelola layaknya korporasi dengan menerapkan manajemen mulai dari produksi, pengelolaan pasca panen sampai distribusi dan pemasaran (hulu - hilir). Hal tersebut sesuai dengan arahan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian pada Kegiatan Bintek KEP yang diselenggarakan pada bulan Maret 2018, dan Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan BUMP.

KEP "Rukun Abadi" akan diikuti oleh 4 (empat) kelompok sapi perah, 2 (dua) kelompok tanaman pangan dan 1 (satu) kelompok perkebunan, yang akan membentuk Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Usaha sapi perah akan kami bawa menjadi komoditas unggulan Kabupaten Mojokerto, yang diikuti pengembangan pertanian terpadu. SY/AEM