Mentan dan Mendag Sidak Pasar Modern Tanah Tinggi

udin abay | Selasa, 23 Agustus 2016 , 11:10:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan sidak ke pasar modern Paskomnas, Tanah Tinggi Tangerang guna memantau melakukan stabilisasi harga pangan dan memastikan ketercukupan pasokan komoditas cabai dan bawang merah bagi kebutuhan masyarakat. (22/8/2016)

Pada kunjungan tersebut hadir Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti serta jajaran pejabat Kemendag. Dari pantauan yang ada di pasar tersebut, bahwa harga cabai naik sebesar 7-12 persen dibanding bulan lalu. Cabai rawit merah kini Rp. 46.000/kg, cabai keriting Rp. 36.000/kg, dan bawang merah kisaran Rp. 42.000/kg.

Amran mengatakan dari sisi produksi bagi para petani dan kelompok tani, pihaknya memberikan akses langsung ke pasar. Dengan adanya pemotongan mata rantai pasok tersebut, diharapkan petani dapat mendapatkan untung yang cukup dan terus berproduksi.

Menurutnya, harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati sudah turun menjadi Rp. 24.000/kg dan di Pasar Tanah Tinggi, Tangerang sebesar Rp. 25.000/kg. "Harga bawang di tingkat petani itu Rp. 14.000/kg - Rp16.000/kg, dan sekarang tiba di Tangerang itu seharga Rp. 25.000/kg, dan di Pasar Kramat Jati itu Rp. 24.000/kg. Dan konsep pemotongan rantai pasok yang kita bangun ini akan kita kembangkan bersama,” Ujar Mentan.

"Kami melihat harga cabai dan bawang merah mulai naik. Sementara pasokan saat ini normal. Tidak ada kekurangan berarti karena produksi juga cukup karena terjadi panen di sentra bawang merah dan cabai. Apa yang dilakukannya saat ini merupakan bentuk sinergi antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk menjamin adanya pasokan kebutuhan pokok dan menjaga harga dalam posisi stabil. Menurutnya, salah satu masalah yang mengakibatkan adanya kenaikan harga adalah soal rantai pasok,” tegas Enggartiasto.SY