Tingkatkan Produktivitas Ternak Petani, Balitbangtan Bali Ciptakan Moladef

udin abay | Minggu, 22 April 2018 , 20:26:00 WIB

Swadayaonline.com - Seiring dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia, kebutuhan akan protein asal hewani pun semakin meningkat. Meningkatkan produksi usaha ternak menjadi satu-satunya solusi memenuhi kebutuhan protein tersebut. Setelah swasembada protein, saat ini pemerintah Indonesia telah bertekat akan mewujudkan swasembada protein hewani. Untuk itu usaha di bidang peternakan harus terus di dorong agar lebih produktiv.  Dibutuhkan dukungan Inovasi agar produktivitas ternak bisa semakin meningkat. 

Sebagai UPT Balitbangtan Kementan, BPTP Balitbangtan Bali berupaya mengembangkan inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas ternak di Bali. Moladef, merupakan salah satu inovasi yang telah diciptakan. Moladef, dibuat dari campuran cairan molasis dengan tanaman sumber agen defaunasi. Moladef berfungsi untuk memanipulasi cairan rumen sehingga kondisi rumen menjadi kondusif untuk pertumbuhan mikroba terutama bakteri yang berfungsi untuk mencerna pakan. Pemberian moladef akan menekan populasi protozoa dalam rumen sehingga populasi bakteri selulotik menjadi meningkat yang menyebabkan kecernaan pakan menjadi meningkat. 

Peneliti BPTP Bali, Anak Agung Gurah Badung Sarmuda Dinata melaporkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Desa Gelgel Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, pemberian moladef sebanyak 10 cc/liter air minum mampu meningkatkan pertambahan bobot badan 17-30% lebih tinggi. Selain itu pemberian pada ternak kambing mampu meningkatkan pertambahan bobot badan 153% lebih tinggi dibandingkan tanpa moladef. “dari hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan di tingkat petani. Saat ini aplikasi produk ini secara mandiri juga telah banyak digunakan oleh para peternak” jelasnya melanjutkan.  

Sementara itu Kepala BPTP Balitbangtan Bali Dr. I Made Rai Yasa, menjelaskan hasil penelitian formula moladef sudah terdaftar Hak Paten di Kementerian Hukum dan Ham. Lebih lanjut dijelaskan bahwa  Moladef sangat mudah untuk dibuat di tingkat lapangan karena berasal dari bahan baku lokal, dan Aplikasinyapun sangat sederhana yakni bisa langsung dimasukkan ke dalam mulut ternak, lewat air mium maupun pakan yang diberikan. “Untuk penyempurnaan dan menambah informasi tentang produk ini, masih perlu dilakukan berbagai penelitian pada obyek ternak ruminansia lainnya dengan berbagai jenis pakan” ujarnya. SY/HMSL