Kembangkan Demplot Kedelai Untuk Pembelajaran Petani

udin abay | Selasa, 24 April 2018 , 15:07:00 WIB

Swadayaonline - Kelompok Tani (Poktan) Sri Rahayu, Desa Cangak, Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang memulai langkah dengan membuat demplot kedelai varietas Anjasmoro sebagai salah satu bentuk dari perluasan areal tanam baru (PATB). 

Kabupaten Pemalang selama ini dikenal sebagai penghasil cabai dan padi akan membuka PATB seluas 10 ribu ha. Hingga bulan Mei ini telah terealisasi 6500 ha dan bantuan benih dari pemerintah berupa benih kedelai variteas Anjasmoro dan Grobogan telah digelontorkan oleh pemerintah, total 300 ribu ton untuk kecukupan di Kabupaten Pemalang.

Koso selaku Ketua Poktan Sri Rahayu tidak terlalu lama menunggu, setelah mendapat bantuan benih kedelai sebanyak 20 kg bersama 70 orang anggota poktannya segera membuat demplot dengan bantuan penyuluh pendamping THL, Muntafsir dari DInas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pemalang.

Saaat ini umur kedelai mencapai 20 hari dengan kondisi baik. PAlagi sebelumnya Koso telah berpengalaman sebagai petani kedelai di Pekalongan. Sedangkan petani di Pemalang rata-rata adalah petani hortikultura dan padi jagung. Oleh karena intu dibuat demplot agar petani bisa belajar dengan baik cara pembudidayaan kedelai sampai kepada pengendalian OPT dan panen serta pasca panen. SY/YNI