Balitbangtan Berbagi Inovasi Teknologi Perkebunan di Sumatera Utara

udin abay | Jum'at, 27 April 2018 , 14:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Sumatera Utara merupakan salah satu propinsi dengan produksi tanaman perkebunan yang cukup besar  di Indonesia. Lima komoditi utama  perkebunan yang menonjol yaitu sawit, karet, kopi, kakao dan kelapa  dari 24 komoditi tanaman perkebunan termasuk gambir, kemenyan dan nilam yang spesifik Sumatra Utara. Luasan total areal perkebunan di Sumatera Utara 2.131.783 ha, dan 53.21 persen di antaranya yaitu  1,134.438 ha merupakan perkebunan rakyat.  Namun demikian produksi tanaman perkebunan rakyat hanya membei kontribusi 36.61  persen dari total produksi perkebunan Sumatera Utara.

Salah satu penentu keberhasilan pengembangan tanaman perkebunan adalah penggunaan  benih varietas unggul. Berbagai varietas unggul tanaman perkebunan telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian melalui empat balai komoditi di bawah koordinasi Puslitbang Perkebunan, yaitu Balit Palma di Manado, Balitro di Bogor,  Balittas di Malang dan Balittri di Sukabumi. 

Dalam rangka mendukung pengembangan tanaman perkebunan di Sumut pada tanggal 27 April 2018 dilakukan Pertemuan Sosialisasi /Koordinasi Pengenalan Varietas di Hotel Grand Antares,  Medan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh UPT Perbenihan,  Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Pertemuan dihadiri oleh Kepala Bidang dan Kepala Seksi yang mewakili Dinas Pertanian dari 22 Kabupaten di Sumut, Pengawas Benih Tanaman (PBT) dari BBP2TP (Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan) Medan serta pejabat dan staf Dinas Perkebunan Provinsi Sumut.   Mewakili Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Sumut Ir. Lies Handayani Siregar, MMa membuka acara yang berlangsung satu hari penuh ini. 

Sebagai narasumber Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo membawakan topik Pengenalan, persiapan pelepasan varietas kelapa pandan wangi. Dari Kabid KSPHP Puslitbang Perkebunan Ir. Jelfina C. Alouw PhD menyampaikan tentang Pengendalian hama dalam rangka persiapan  pelepasan varietas, sedangkan dari Balittri Dr. Meynarti Sari Ibrahim memperkenalkan varietas-varietas tanaman perkebunan binaan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Selain dari Puslitbangbun juga terdapat pemateri dari Balai Karet Sei Putih, Sayurandi, SP. Msi yang memaparkan tentang Pengenalan klik karet unggul dan potensinya. 

Setelah pertemuan dilanjutkan  pengamatan ke lokasi pertanaman kelapa pandan wangi di desa Pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Selain untuk melengkapi data pelepasan varietas , juga mengamati beberapa tanaman kelapa  yang mengalami serangan hama di lapang sekaligus saran pengendalian nya. Calon varietas kelapa Pandan Wangi di Sumatra Utara yang telah diamati sejak tahun 2015 diharapkan dapat diajukan untuk dirilis sebagai varietas unggul lokal pada bulan Oktober 2018,  bersama calon varietas Kelapa Dalam Kelambi Batubara asal Kabupaten Batubara,  Sumatera Utara. SY/HMSL