Mentan Amran Melepas Ekspor Jagung dan Kelapa Gorontalo

udin abay | Jum'at, 04 Mei 2018 , 19:08:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor dua komoditi jagung dan kelapa asal Kabupaten Gorontalo ke negara Filipina dan Tanzania, Kamis (3/5/2018).

"Saya ingin sampaikan kabar gembira bahwa hari ini kita kembali melakukan ekspor jagung ke negara Filipina. Pada tiga bulan yang lalu kami ke sini juga melakukan ekspor rencana 50 ribu ton, kami terima laporan bahwa sudah 70 ribu ton yang diekspor," ujar Mentan Amran di Gorontalo.

Mentan Amran mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh kepada Gorontalo untuk meningkatkan target ekspornya ke negara-negara tetangga dari 70 ribu ton menjadi 100-150 ribu ton.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa, sehingga itu kami datang khusus dan menyempatkan waktu untuk ke Gorontalo. Ini juga merupakan cara untuk mengangkat kesejahteraan petani," kata Mentan Amran.

Dia menambahkan, tahun ini target jumlah ekspor jagung dari seluruh Indonesia akan ditambah lagi 500 bahkan lebih. Dia mengaku, hal ini adalah arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor dan investasi.

"Kami sangat mengapresiasi kepada Gubernur, Bupati se-Provinsi Gorontalo, dimana kami janjinya kepada kami bahwa Gorontalo akan mengekspor jagung tercapai. Ada dua hal yang dapat mengangkat kesejahteraan petani dan bisa menopang pertumbuhan ekonomi. Pertama yaitu ekspor yang kita lakukan sekarang, dan kedua adalah investasi. Sekarang ini kita mengejar ekspor, karena negara kaya, besar, dan kuat," tutur Mentan Amran.


Sementara, Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI, Fraksi Partai Golkar, Roem Kono mengatakan, ekspor tersebut merupakan hadiah dari rakyat Gorontalo kepada Mentan Amran.

"Ekspor jagung dan kelapa ini adalah hadiah ulang tahun kepada Pak Menteri dari kami rakyat Gorontalo," kata Roem di sela-sela pelepasan ekspor kelapa.

Roem yang konstituen berasal dari Gorontalo merasa bahagia dengan semua program dan kinerja Amran dalam meningkatkan produksi pangan. Menurut politikus asal Golkar ini, ekonomi dan kesejahteraan Gorontalo meningkat.

"Hari ini, kami saksikan dan sangat bangga dengan petani di Gorontalo. Pertama Gorontalo berhasil mengekspor 70 ribu ton jagung tahun ini. Dan kedua berhasil memproduksi ribuan butir kelapa setiap bulannya," kata Roem.

Mengenai pribadi Amran, kata Roem, pria kelahiran 27 April 1968 itu merupakan pekerja keras dan sangat memperhatikan petani. "Beliau, paham betul ide Jokowi-JK. Pokoknya, rising star," pungkas Roem. SY