Tiongkok Akan Bangun Pertanian Wilayah Perbatasan Indonesia

udin abay | Senin, 19 September 2016 , 22:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian Tiongkok, Mr. Zhao Taolin di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta. Pertemuan tersebut membicarakan kerjasama kedua negara untuk membangun pertanian dalam satu kawasan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir di wilayah perbatasan Kalimantan. Pembangunan di wilayah perbasatan tersebut menurut Amran karena di Indonesia ada pasarnya seperti jagung, gula, dan sapi. (19/9/2016)

“Nantinya produk yang di hasilkan bukan hanya untuk suplai di Indonesia, tetapi negara tetangga. Mereka mau bangun di Indonesia karena pasarnya jelas dan bisa diisi, biaya transportasi murah, menguntungkan kedua belah pihak, dan model kerjasamanya join venture Cina dan Indonesia,” tegas Mentan.

Zhao Taolin mengatakan bahwa hubungan dengan Indonesia saat ini baik sekali, khususnya dunia pertanian. Hal tersebut merupakan bagian yang penting bagi pengembangan kedua negara yang sudah punya dasar yang baik.

“Hubungan bilateral kedua negara sangat baik sekali, mudah-mudahan kerjasama ini bisa ditingkatkan. Kunjungan saya hari ini sengaja untuk membicarakan kerjasama yang kongkrit kedua negara, untuk memperluas bidang dan meningkatkan kelasnya dalam kerjasama sehingga bisa saling menguntungkan dan mengisi,” ujar Zhao. SY