Bank Gen Kementerian Pertanian Sebagai Pendukung Kemajuan Pertanian Indonesia

udin abay | Senin, 14 Mei 2018 , 19:46:00 WIB

Swadayaonline.com - Bogor, 14/5/2018 - Menjadi primadona, Bank Gen Badan Litbang Kementerian Pertanian di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian kembali menarik perhatian masyarakat luas. Kali ini sebanyak 6 orang perwakilan dari Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUI) meliputi Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Palembang mengunjungi Bank Gen Balitbangtan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian. 

Disambut langsung oleh Kepala Balai, Ir. Mastur, MSi., PhD seluruh peserta kunjungan diajak melihat langsung Bank Gen Balitbangtan. Hari yang mulai gelap tidak menyurutkan semangat peserta untuk tahu lebih dalam tentang Bank Gen Balitbangtan melalui paparan singkat Dr. Nurul Hidayatun.
“Konservasi itu sangat penting, harapan kedepannya tentu saja Balitbangtan melalui bank gen nasional dapat bersinergi dengan kementerian lain untuk konservasi sumber daya genetik lebih luas lagi. Apalagi ada fasilitas seperti Bank Gen yang mendukung pelestarian sumber daya genetik.” Ungkap Isti Daruwati, MSi., Apt perwakilan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Dengan adanya fasilitas Bank Gen diharapkan seluruh kementerian dan instansi selain bidang pertanian juga dapat bersinergi untuk pelestarian sumber daya genetik Indonesia. Dukungan Balitbangtan dengan fasilitas pertanian yang canggih dan modern merupakan kontribusi positif untuk kemajuan pertanian Indonesia. SY/HMSL