Balitbangtan dan Pemda Banten Bersinergi Selamatkan dan Kembangkan Plasma Nutfah

udin abay | Sabtu, 19 Mei 2018 , 17:04:00 WIB

Swadayaonline.com - Banten - 15/05/2018 Sosialisasi Pengembangan Plasma Nutfah dan Persiapan Pelepasan Varietas Tanaman Pangan dan Hortikultura diadakan di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Provinsi Banten. Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala BPSBTPH, H Achmad Wikarya M.KM.  Hadir dan juga memberi sambutan serta pembukaan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Agus M. Tauchid S. M.Si. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian menyampaikan pentingnya pelestarian plasma nutfah pertanian sebagai upaya dukungan keberlanjutan pembangunan pertanian. "Jangan sampai nanti di tahun 2030 plasma nutfah khas Banten tersebut punah sebelum dilestarikan, kita harus saling bersinergi agar hal tersebut tidak terjadi." ungkapnya

Pertemuan dilanjutkan dengan pemaparan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).
Dalam presentasi Ir. Mastur, MSi., PhD dari Balitbangtan memaparkan beberapa hal diantaranya, fungsi bank gen bukan hanya konservasi sumber daya genetik untuk mencegah kepunahan atau upaya pelestarian tapi juga pemanfaatan sumber daya genetik baik langsung atau melalui pemuliaan. 

Konservasi dapat dilakukan secara in situ dan konservasi ex situ. Konservasi eks situ bisa dilakukan di bank gen.
Bank Gen Pertanian merupakan fasilitas Balitbangtan yang memiliki tujuan utama melestarikan sumber daya genetik Indonesia.

Layaknya seperti bank keuangan bank gen juga memiliki prinsip siapa saja yang memiliki sumber daya genetik dapat disimpan di bank gen, dan siapa saja yang membutuhkan sumber daya genetik tersebut bisa memperoleh di Bank Gen. Bank Gen Pertanian berada Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen). 

Setelah penyampaian materi Pengelolaan Plasma Nutfah Pertanian dilanjutkan dengan presentasi Direktorat Perbenihan dan BPTP Banten yang diwakili oleh Zuraida, SP. MSi., "Mari kita kelola sumber daya genetik lokal demi kemajuan pertanian Banten" Ujar Zuraida, SP. MSi.  Tidak hanya dilestarikan. dan dikelola dengan baik sumber daya genetik juga perlu dibudidayakan dan diolah agar manfaatnya dapat dirasakan secara nyata bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Pada pertemuan kali ini diharapkan juga ada plasma nutfah unggulan asal Banten yang didaftarkan dan dilepas sebagai upaya dukungan pelestarian plasma nutfah Indonesia. Hal ini dilakukan untuk keberlanjutan perkembangan pertanian Indonesia demi pertanian Indonesian yang terus jaya. SY/HMSL