Pompa Air Tenaga Surya, Solusi Penuhi Kebutuhan Air

udin abay | Sabtu, 19 Mei 2018 , 21:24:00 WIB

Swadayaonline.com - Pompa air tenaga surya mampu mengatasi kekurangan air didaerah terpencil,  karena mampu bekerja tanpa bergantung pada PLN (Pembangkit Listrik Negara). Pompa air tenaga surya umumnya bekerja tanpa baterai dan bekerja menggunakan sinar matahari, sangat cocok untuk daerah yang tidak terjangkau listrik. Cara kerja pompa air tenaga surya menggunakan panel surya, panel surya adalah alat yang mengubah tenaga surya menjadi listrik. Sinar matahari yang telah ditangkap oleh panel surya diubah menjadi listrik dengan arus serarah yang kemudian dapat digunakan untuk menggerakan pompa air tenaga surya.

Air telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia, seperti mustahil apabila manusia bisa hidup tanpa air, karena air digunakan untuk berbagai kebutuhan dasar manusia seperti mandi, memasak, mencuci, pengairan sawah, dsb. Untuk menyiasati krisis air di daerah terpencil maka pemanfaatan tenaga surya adalah pilihan yang paling bijak. Untuk memperoleh air bersih, pompa air tenaga surya dapat menjadi solusi mengatasi hambatan tersebut.

Sebagian besar penduduk Dusun Wunut mencari nafkah dengan bertani dan berkebun. Bangunan rumah penduduk masih tradisional. Hanya lantai yang plester. Sehingga tidak heran jika kondisi ekonomi penduduk setempat masih perlu diperhatikan. Dusun Wunut mengalami kendala pada sistem pengairan. Jika musim kemarau tiba, debit air dari sumur turun atau sungai menurun, menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan irigasi di Dusun Wunut. Selain itu, turunnya debit air dikarenakan kapasitas air sungai tidak sebesar kebutuhan irigasi penduduk setempat. Akibatnya, petani kerap merugi alias gagal panen.

"Irigasinya kalau kemarau susah, debit air kurang karena jalur pipanya sudah kemana-mana. Itu yang bikin air berkurang, ada juga pipa sudah tidak sampai. Ya pastilah ada yang rugi, terpaksa gak nanam," keluh Pak Yanto, Ketua Kelompok tani Wunut. Tanahnya berpasir hingga tanaman sulit tumbuh. Itulah sebabnya di dusun ini masih banyak lahan nganggur dan penduduk hanya bekerja serabutan untuk menyambung hidup, tambahnya. 

Keadaan ini menggugah hati para penyuluh di Desa Wunut, sebagai pendamping petani mereka tergerak untuk membuat sesuatu yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Bekerjasama dengan Balitbangtan Bogor, penyuluh Desa Wanut membuat demplot (demontrasi plot atau lahan pertanian percontohan)  bawang merah dengan menggunakan pengairan yang digerakkan oleh tenaga Surya. Demplot tersebut juga didukung oleh adanya bantuan benih bawang merah, pupuk serta pendampingan langsung dari Balitbangtan Bogor, Balitbangtan Yogyakarta serta tim BPP Imogiri  mulai dari proses olah tanam sampai saat panen.

Dijelaskan oleh Lukito, S.PKP PPL wilbinsus Desa Wunut, “Sistem irigasi sawah otomatis ini merupakan integrasi sistem kendali elektromekanik pada infrastruktur irigasi pipa, yang digerakkan tenaga surya. Berfungsi mengatur aliran air irigasi dengan membuka dan menutup kran secara otomatis sesuai tinggi muka air yang diinginkan.Terdiri atas: Solar panel untuk menangkap energi matahari sebagai sumber daya listrik; Panel sistem kendali yang terdiri dari mikrokontroler, saklar magnetis, baterai dan charge controller”.

Keunggulan dari pompa air tenaga surya adalah berbasis teknologi opensource dan berbiaya rendah untuk pengembangan pertanian yang modern, untuk memenuhi tuntutan efisiensi penggunaan air pertanian, dapat meningkatkan efisiensi pengairan dengan pengaturan otomatis sesuai yang diinginkan, penggunaan sistem tenaga matahari yang memberikan image "green technology", pengembangan dengan teknik irigasi bawah permukaan dimungkinkan dengan modifikasi infrastruktur tata air lahan, dengan modifikasi tertentu dapat dilakukan untuk pengendalian yang berkaitan dengan pengaturan air.

Ditambahkan oleh Galuh Sukmawati Putri, S.Pt, rekan seprofesi Lukito manfaat menggunakan pompa air tenaga surya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar listrik atau bahan bakar untuk operasional pompa air sehari-hari. Meskipun mengandalkan sinar matahari, pompa air tenaga surya tetap bekerja menangkap sinar matahari meskipun cuaca mendung atau hujan. Pompa air tenaga surya bekerja secara otomatis dan mudah dalam perawatan kebersihannya, sehingga tidak memerlukan operator khusus dalam operasional setiap harinya, jelas Galuh.

Dengan melihat kemudahan dan manfaat penggunaan pompa air tenaga surya maka wajarlah pompa air tenaga surya menjadi alternatif yang banyak diminati untuk memenuhi kebutuhan pasokan air bersih pada daerah yang jauh dari jangkauan listrik, karena pompa air tenaga surya sangat efektif, efisian dan tahan lama hingga puluhan tahun.

Dengan adanya demplot tanam bawang merah ini dapat meningkatkan pendapatan petani. Warga setempat, menyambut baik program pemanfaatan tenaga surya untuk mendukung sistem irigasi perpipaan tersebut, yang dibarengi dengan terbentuknya pertanian bawang merah organik. "Mudah-mudahan program ini bermanfaat untuk kita disini. Apalagi anggarannya cuma-cuma dikasih. Kita disini merasa bersyukur sekali. Tinggal kita bagaimana ke depan," ungkap Yanto. SY/NL