Angkat Potensi Buah Lokal, Kalteng Percepat Pendaftaran Varietas

udin abay | Jum'at, 08 Juni 2018 , 12:44:00 WIB

Swadayaonline.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  melakukan inventarisasi buah-buah lokal untuk dipilih menjadi varietas unggulan guna didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTP) Kementerian Pertanian RI.
Hal tersebut diwujudkan dalam Penandatanganan MoU atau nota kesepakatan bersama di Kantor BPTP Kalteng 7 Juni 2018 yang dihadiri oleh Pejabat pemda Kotawaringun Timut, Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya serta peneliti/penyuluh BPTP Kalteng.

Pemda Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Kapala Bagian Pemerintahan (Hawiannam) mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung langkah yang dilakukan oleh Dinas Perta ian mengandeng BPTP Kalteng dalam menjadi Kotawingin Timur sebagai model pelestarian sumberdaya genetik buah khs Kalteng dan berbarap semakin banyak kabuapten kabupaten lain yang meniru langkah  Dinas Pertanian Kotawaringin Timur.

Menurut Kepala Dinas Pertanian (Ir.Made Dirgantara, MM) Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang memiliki keragaman sumberdaya hayati buah lokal, diantaranya durian waluh, durian otak udang, nenas paun, salak, langsat, dan cempedak dan kegiatan MoU ini adalah tindaklanjut dari kontes buah Unggulan yang pernah diselenggarakan satu tahun yang lalu yang mendapat respon tinggi dari masyarakat.

Sementara itu Kepala BPTP Kalteng (Dr.F.F.Munier) menyambut baik kegiatan kerja sama ini sebagai implementasi dari Tugas dan Fungsi BPTP dalam mengawal dan mendampingi teknologi pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian.

Lebih lanjut dikafakan bahwa pengelolaan Sumberdaya Genetik (SDG),  dalam upaya percepatan pendaftaran  varietas ke PPVTPP Kementerian Pertanian,adalah deskripsi varietas, hasil uji keunggulan varietas, hasil uji kebenaran varietas, dan kesanggupan untuk melaksanakan perbanyakan benih yang memenuhi standar mutu, serta kelengkapan administrasi lainnya.   

Kemudian Kabag. Pemerintahan Pemda Kotawaringin Timur juga berharap agar kerja sama ini menghasilkan ouput yang nyata sebagai upaya kita untuk dapat melestarian sumberdaya genetik tanaman buah khas Kalteng serta untuk membangkitkan kecintaan masyarakat terhadap buah-buah lokal.yang semakin lama semakin tersisih dan tergantikan oleh buah buah import. SY/HMSL