Mau Jadi Pengusaha Kopi, Datangi Babe PP Lembang Coffee Shop

aa | Kamis, 12 Juli 2018 , 18:35:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

BBPP Lembang bertugas melaksanakan pelatihan fungsional bagi aparatur, pelatihan teknis dan profesi, mengembangkan model dan teknik pelatihan fungsional dan teknis di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian.

Saat ini, BBPP Lembang melaunching Babe PP Lembang Coffee Shop yang dihadiri Sekretaris Badan SDM Pertanian, Andriko Noto Susanto. Hadirnya coffe shop menurut Kepala BBPP Lembang, Bandel Hartopo,  sebagai sarana praktek untuk pemasaran produk kopi. “Kita telah meimiliki sarana onfarm budidaya, dan sekarang sudah ada sarana praktek pemasaran untuk komoditas kopi”, tambahnya.

Bandel Hartopo mengatakan, hadirnya Babe PP Coffee Shope merupakan keinginan yang sudah sejak lama diingini BBPP Lembang. Dengan revisi anggaran, akhirnya keinginan tersebut terwujud. Menurutnya, dengan hadirnya Babe PP coffee shop akan mendatangkan masyarakat, purna pensiun, mau berlatih dan belajar menjadi wirausaha kopi kedai dan bisa datang langsung ke Babe PP Coffee Shop.

Pendidikan dan pelatihan bisa melihat bagaimana budidaya kopi, bagimana memproses dengan teknologi terkini. “Banyak yang mengatakan disini kopinya enak, karena memang budidaya kopinya sendiri. Bila masyarakat atau yang ingin pensiun bisa belajar menjadi wirausaha apa saja, karena BBPP Lembang fasilitas dan praktek lengkap, tinggal peserta mau segmen yang mana, pembibitan, budidaya, pengolahan atau pemasaran”, ujar Bandel Hartopo. SY