Wujudkan Swasembada Protein, BBPP Batu Kembangkan Sapi Belgian Blue

udin abay | Selasa, 17 Juli 2018 , 16:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Kepala BBPP Batu, Apri Handono menyebutkan, sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, BBPP Batu memainkan perannya meningkatkan kualitas SDM peternakan melalui berbagai pelatihan bagi aparatur maupun nonaparatur (petani, peternak, pelaku usaha).

"Didirikan tahun 1977 dengan nama Regiobal Dairy Training Center (RDTC), balai besar ini memiliki 3 program andalannya, yakni program sapi Belgian Blue, produk olahan susu dan ternak, serta produk telur omega 3," ujarnya Selasa (16/7/2018), di Batu, Malang.

Apri menambahkan, BBPP Batu akan memberikan dukungan dan ikut berperan aktif untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri dan berdaya saing khususnya sub sektor peternakan yang profesional.

Upaya mewujudkan swasembada protein terus dilakukan menjadi prioritas utama BBPP Batu. Salah satunya dengan mengembangkan sapi Belgian Blue (BB). Berbagai pelatihan diberikan kepada para peternak termasuk implementasi Transfer Embrio (TE) pada sapi BB sejak Maret 2018.

"Tahun 2018 BBPP Batu ditarget menghasilkan 20 ekor sapi bunting jenis BB. "Dari target 20 ekor bunting, kita sudah punya 7 ekor. Dan saya optimis target tercapai," ujar Apri saat kunjungan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di BBPP Batu. SY