Inilah Prasarana dan Sarana BBPP Batu Ciptakan SDM yang Berdaya Saing

udin abay | Selasa, 17 Juli 2018 , 17:24:00 WIB

Swadayaonline.com - Menjadi lembaga yang inovatif, terpercaya dan mandiri untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang peternakan yang profesional dan berdaya saing, Balai Besar Pelatihan Peternakan Songgoriti, Batu, Malang meningkatkan pendayagunaan sarana dan prasarana pelatihan yang inovatif dan modern.

Kepala BBPP Batu, Apri Handono mengatakan prasarana dan sarana pelatihan teknis fungsional dan kewirausahaan baik aparatur maupun non aparatur yang diberikan sssuai dengan standar kopetensi kerja. "Setelah mengikuti pelatihan terutama purna penaiun, diharapkan mampu menjadi wirausahawan dan bagi penyuluh tentunya mampu meningkatkan kompetensinya", tambahnya. (17/7/2018)

Saat ini, BBPP Batu mempunyai divisi pelatihan untuk ternak perah, ternak potong, pakan dan nutrisi, reproduksi dan pembibitan, kesehatan hewan, pascapanen dan pengolahan susu, pascapanen dan pengolahan daging, pengolahan limbah, diklat penyuluhan peetanian, kesehatan masyarakat veteriner. Setiap divisi dilengkapi fasilitas yang baik, sehingga akan terwujud SDM yang mandiri dan berdaya saing.

"Peserta diklat banyak dari sekolah kejuruan, sekolah pertanian, mahasiswa, penyuluh, peternak, swasta. Pelatihan yang sering diikuti mahasiswa yaitu Inseminasi Buatan (IB) sangat bagus untuk mendukung Upsus SIWAB, sedangkan swasta yang ikut pelatihan kebanyakan untuk olahan produk agar setelah pensiun nanti bisa berwiraswasta dan kami berharap nantinya mereka bisa berkorporasi untuk memudahkan menjual produknya. "Dari hasil diklat, sudah banyak yang membuat produk olahannya dan sudah dijual di pasar", tegas Apri saat Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengunjungi BBPP Batu. SY