Cara BBPP Ketindan Ajak Generasi Muda Cinta Pertanian

udin abay | Selasa, 17 Juli 2018 , 17:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Pemerintah berupaya mendorong pengembangan pertanian melalui reorientasi pembinaan sumber daya  manusia di bidang pertanian, karena pembinaan petani di masa lalu masih terbatas pada peningkatan kemampuan agro-teknis. Tetapi pembinaan kemampuan berwirausaha dan managerial organisasi bisnis petani kita masih rendah, akibatnya organisasi bisnis petani sulit berkembang sehingga manfaat dari pembangunan pertanian sangat sedikit dinikmati petani. 

Generasi Muda Pertanian memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian di masa yang akan datang, dan kewirausahaan menjadi salah satu faktor yang memperkuat pembangunan perekonomian nasional di sektor pertanian.
Dengan demikian Generasi Muda Pertanian perlu didorong untuk meningkatkan kompetensi  dalam mengakses teknologi, modal, pasar  dan managemen sehingga menjadi pribadi yang mandiri yang inovatif, kreatif, mampu bersaing, berwawasan global dan profesional. 

Sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan keterampilan teknis agribisnis, perlu dilakukan pembinaan mental wirausaha, membuka kesempatan berwirausaha seluas-luasnya, dan mempermudah akses terhadap permodalan. Untuk mendukung program tersebut diperlukan pelatihan, pembinaan, dan pembimbingan dalam bentuk pelatihan supaya para pemuda calon wirausaha merasakan kemudahan dalam menciptakan dan merintis usaha yang menguntungkan.
Untuk memberikan wawasan kewirausahaan dalam rangka persaingan global, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi Generasi Muda Pertanian. Dalam arahannya kepada 30 orang peserta yang lolos seleksi melalui Identifikasi Kebutuhan Diklat (IKD), Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Riza Fakhrizal mewakili Kepala BBPP Ketindan, menyampaikan bahwa,” pembekalan melalui pelatihan ini berguna untuk menumbuh kembangkan  jiwa kewirausahaan bagi Generasi Muda Pertanian, meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan teknis Generasi Muda Pertanian dalam hal berwirausaha dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan pendapatan serta mendorong jejaring usaha agribisnis  oleh Generasi Muda Pertanian”. SY/YNI