Pemanfaatan Peta Kesesuaian Lahan di Dinas Pertanian Sulawesi Barat

udin abay | Jum'at, 20 Juli 2018 , 19:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Mamuju, 19 Juli 2018. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melaksanakan kegiatan Bimtek Pemanfaatan Peta Sumberdaya Lahan skala 1:50.000. Peta Sumberdaya Lahan tersebut terdiri atas Peta Tanah Semidetail, Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas Pertanian, serta buku Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan untuk 6 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan dilaksanakan di Dinas Pertanian Provinsi Sulbar. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan UK/UPT lingkup Pemda Provinsi Sulbar yaitu Barenlitbangda, Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan,  Bappeda Provinsi, 6 Dinas Pertanian dan 6 Bappeda Kabupaten lingkup Sulbar, serta BPTP Sulbar.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan dari Ir. H. Tanawali, M.AP selaku Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulbar. Dalam sambutannya, Tanawali menyatakan bimtek ini sangat penting karena informasi yang diberikan BBSDLP sangat mendukung dalam penyusunan master plan yang dilakukan Dinas Pertanian Provinsi. Selain itu, informasi tersebut sebagai dasar dan acuan dalam penyusunan peta tematik berbagai komoditas yang akan dikembangkan seperti kedelai, jeruk, bawang, kakao, dan ternak.

Tanawali berharap setelah Bimtek ini ada tindak lanjut berupa kerjasama terkait penyusunan sistem informasi pertanian khususnya kesesuaian lahan untuk wilayah Sulawesi Barat yang berbasis android. Beliau berharap hal tersebut dapat terwujud dalam waktu segera karena "bagi Sulbar, peta sumberdaya lahan sangat cocok dengan rencana pengembangan lahan dan komoditas yang akan kita lakukan". Dengan adanya peta kesesuaian lahan ini diharapkan juga dapat mendorong para pelaku usaha pertanian dalam berinvestasi mengembangkan komoditas yang sesuai dengan kondisi lahan di masing-masing kabupaten di Provinsi Sulbar.

Sambutan dilanjutkan oleh Ir. Mas Teddy Sutriadi, MSi selaku perwakilan Kepala BBSDLP. Dalam paparannya, beliau menyampaikan pentingnya peran data sumberdaya lahan dalam mendukung kebijakan pembangunan pertanian nasional. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tata cara membaca peta tanah, peta kesesuaian lahan dan paket rekomendasi pengelolaan lahan berturut-turut oleh Dr. Ir. Erna Suryani dan M.Si.dan Ir. Anny Mulyani, MS.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Peta Tanah, Peta Arahan, dan Buku RPL kepada perwakilan Dinas Pertanian dan Bappeda dari 6 Kabupaten, yaitu Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah,  Mamuju Utara, Majene, Polewali Mandar, dan Mamasa. SY/HMSL