Lihat Varietas Unggul Balitbangtan, Ketua Poktan Mekar Tani Bogor Makin Semangat

udin abay | Jum'at, 20 Juli 2018 , 19:36:00 WIB

Swadayaonline.com - Peneliti Balitbangtan Dr. Dodin Koswanudin berkunjung ke lapang untuk melihat perkembangan dari Inpari 40 yang di tanam di desa Sindangbarang, Kota Bogor.

Disana tim bertemu dengan Ketua Kelompok Tani Mekar Tani yg menjelaskan dan menceritakan tentang pengalamannya mengenai inpari 40 dari dari mulai sebar benih, pindah bibit hingga saat ini.

Disela-sela perbincangan dan saling sharing  dengan peneliti,  petani senior setempat, Bapak Inta Suminta yang juga Ketua Poktan Mekar Tani, menyampaikan uneg-unegnya. Dia sampaikan kecemasannya karena tekanan untuk menjual lahannya besar. Terutama untuk perumahan. "Saya masih bertahan Pak, Karena supaya para penggarap lahannya dapat memanfaatkan untuk budidaya. Kalau tidak mereka mau kerja kemana?" ujar Pak Inta.

Melihat pertumbuhan yang optimal Inpari 40, Pak Inta berbinar karena optimis produksinya bagus. Sebelumnya dia juga tanam varietas unggul padi Balitbangtan lainnya Inpari 32 yang juga hasilnya bagus.

Dr Dodin menuturkan "saya juga ingin hasil-hasil dari penelitian kami bisa bermanfaat bagi petani".  Sesuai saran peneliti dan penyuluh Ibu Lia, Pak Inta juga siap menghasilkan benih dari pertanamannya karena lebih menguntungkan dibanding hanya biji konsumsi. SY/HMSL