20 Orang Wanita Tani Ikut Pelatihan Pengolahan Salak

udin abay | Kamis, 26 Juli 2018 , 17:24:00 WIB

Swadayaonline.com - Konsep pengembangan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau yang lebih dikenal dengan P4S memberikan dampak positif bagi pemerintahan daerah salah satunya di Kabupaten Malang. 

Berdiri sejak tahun 2004, P4S Intan yang berada di Desa Swaru, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang semakin mengepakkan sayapnya dengan dukungan dari BP3K Kecamatan Pagelaran. Perkembangan P4S ini semakin pesat karena bisa memanfaatkan dengan baik potensi spesifik lokasi di Desa Swaru. Dan semakin hari P4S Intan memiliki konsep pemberdayaan yang matang dan patut ditiru oleh P4S lainnya.

Untuk menguatkan potensi dan kemampuannya, diperlukan pendampingan dan pembinaan yang sistematis dan berkelanjutan dari pemerintah dan stakeholder. Serta mengoptimalkan sebagai sarana pemberdayaan petani yang mudah dijangkau, murah dan sesuai standar yang dibutuhkan oleh petani sesuai dengan luas atau standar yang dibutuhkan oleh petani dan masyarakat umum lainnya. 

Agar lebih memaksimalkan peran dan fungsi P4S, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang menyelenggarakan pelatihan/ magang penguatan kapasitas kelembagaan di P4S Intan besutan Endang Puji Astuti atau yang biasa dipanggil Mbak Tutut, sebagai salah satu langkah penguatan yaitu memberikan pelatihan kepada 20 orang wanita tani dalam pengolahan buah salak yang telah menjadi sentra agribisnis di Desa Swaru. 

Produk pengolahan buah salak yang diajarkan kepada seluruh peserta yaitu dodol salak, minuman penyegar berkhasiat, prol salak, sirup salak, keripik salak, pie salak, selai dan brownies salak. Hasil dari pelatihan ini diharapkan bisa memberi nilai tambah, wawasan dan keterampilan bagi wanita tani serta menjalin jejaring kerjasama dengan P4S Intan yang siap menerima dan memasarkan produk olahan mereka. Disamping itu, P4S ini telah bekerjasama dengan pihak Gereja Jawi Wetan di Swaru untuk turut memasarkan produk-produk P4S dan mensosialisasikan produk ke seluruh penjuru gereja di wilayah Jawi Wetan. Sebuah konsep promosi sekaligus pasar yang sangat efektif untuk lebih meningkatkan kualitas manajemen P4S sebagai pusat pelatihan pertanian perdesaan bagi petani. SY/YNI