80 Penyuluh Ikuti Latsar Ditengah Goncangan Gempa

udin abay | Kamis, 09 Agustus 2018 , 15:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan bekerjasama dengan Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Mataram menyelenggarakan pelatihan dasar {latsar) bagi 80 orang penyuluh pertanian terampildan Ahli dari  THL TB PP yang diangkat menjadi CPNS dan telah mengikuti pelatihan prajabatan dari Provinsi NTB.  Saat ini latsar telah berlangsung selama 9 hari dari mulai tanggal 31 Juli hingga nanti berakhir tanggal 20 Agustus 2018. 

Ditengah pelaksanaan latsar, bencana gempa bumi bermagnitudo 7 SR kembali mengguncang seluruh kabupaten dan kota di Provinsi NTB. Dan berulang kembali (09/08/2018) dengan magnitude 6,2 SR. Hal ini banyak membuat traumatis bagi seluruh warga di Lombok dan sekitarnya, termasuk juga peserta latsar.

Hingga hari ke 6 pasca gempa di Lombok, peserta masih merasakan duka, karena turut merasakan getaran hebat dan terpisahnya mereka dari keluarga besarnya. Tercatat sebanyak 7 kabupaten dan kota yang mengikuti latsar ini diantaranya adalah Lombok Utara, Kota Mataram, Bima, Lombok Barat, Lombok Timur, Dompu dan Sumbawa Barat. Dan hingga saat ini gempa masih berulang terjadi dan terakhir gempa dengan skale besar kembali mengguncang.  

Melihat ketabahan para peserta yang selama pembelajaran dihantam beberapa kali guncangan gempa hebat, peserta sangat antusias untuk menyelesaikan sesi pertama ini sebagai pembekalan untuk terjun ke daerah masing2-masing melaksanakan on the job training (OJT). BBPP Ketindan mengapresiasi semangat peserta yang tinggi, walaupun dalam proses pelatihan ini  harus tidur beratapkan langit di halaman dan selasar atau emperan asrama tempat menginap, saling menghibur menguatkan mental satu sama lain karena beberapa mengalami traumatis. Apalagi sambungan komunikasi dengan keluarga di kampung terputus bahkan ada beberapa peserta rumahnya rata dengan tanah.

Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan berusaha terus untuk selalu berkoordinasi dengan BPPSDMP Mataram untuk memastikan  keberlangsungan pelatihan tetap lancar dan peserta nyaman, salah satunya memfasilitasi terpal untuk alas dan atap tempat tidur di halaman serta tetap mengirimkan para fasilitator dan panitia untuk mendampingi dan memberikan motivasi meskipun dengan rasa was was karena ancaman gempa susulan masih terus terjadi. Seluruh karyawan di BBPP Ketindan telah menggalang dana untuk diberikan kepada para peserta yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan dan dampak lainnya yang dirasakan oleh keluarga peserta. SY/YNI