Cara Budidaya Cabai Keriting dari Hulu Sampai Pascapanen

udin abay | Jum'at, 10 Agustus 2018 , 18:44:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam upaya mendukung 7 komoditas strategis dari pemerintah, Inkubator Agribisnis BBPP Lembang membudidayakan cabai merah keriting di lahan terbuka. Lahan terbuka ini digunakan sebagai lahan praktik bagi peserta magang maupun diklat, baik dari aparatur maupun non aparatur. Jum'at, 27 Juli 2018, mahasiswa dari Universitas Padjajaran, Universitas Jenderal Sudirman, dan Universitas Lampung jurusan Agroteknologi melaksanakan proses pengolahan lahan dan penanaman cabe merah keriting di lahan Inkubator Agribisnis BBPP Lembang.  

Kegiatan budidaya cabai merah keriting meliputi pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Adapun lama budidaya dari pembibitan sampai panen pertama adalah 4 bulan. Persemaian dibuat dalam rak yang diberi naungan (dalam hal ini ruangan persemaian). Kemudian buat campuran media semai 2 ember tanah ditambah 1 ember pupuk kandang dan 150 gr SP36 (atau 80 gr NPK) dihaluskan, lalu tambah karbofuran 75 gr, lalu diayak. Dari 90%-nya bisa dijadikan 300-400 polybag. Selanjutnya benih ditanam dalam polybag/ plastik semai ukuran 4x6 cm, dibuat lubang semai 0.5 cm dan ditutup tanah halus atau abu. Bibit dapat dipindah ke lapang setelah 17-21 hari.

Tahap selanjutnya adalah pengolahan tanah dengan bajak/traktor/cangkul dengan kedalamannya 30-40 cm. Tanah diberi pupuk kandang sebagai pupuk dasar dengan dosis 2-4 kg per tanaman.. Membuat bedengan dengan lebar 110-120 cm, tinggi 30-40 cm, dan jarak antar bedeng 60-70 cm. Panjang bedeng disesuaikan dengan panjang lahan. Selanjutnya dilakukan pemasangan mulsa pada saat terik matahari dan mulsa tersebut diberi lubang tanam. Adapun jarak tanam adalah 60 x 60 cm.

Kegiatan penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari. Sehari sebelumnya, lahan diairi bersamaan dengan pembuatan lubang tanam pada mulsa (plastik). Lepaskan polybag tanpa merusak akar, lalu tanam, dan siram secukupnya (media semai menyatu dengan tanah). Segera tutup dengan tanah bila akar terlihat. Pemupukan lanjutan menggunakan NPK Mutiara setelah 15 hari tanam dengan dosis 2,5 gram per tanaman. Pemupukan lanjutan/susulan dilaksanakan sampai 3 kali di mana dosis meningkat sampai 5 gram per tanaman. Setelah 4 bulan, panen pertama cabai merah keriting dapat dilaksanakan. SY/CTY