Mentan Berikan Penghargaan Tingkat Nasional Kepada Pelaku Pembangunan Pertanian Tahun 2018

udin abay | Jum'at, 17 Agustus 2018 , 16:45:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaeman yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro memberikan Penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2018 kepada penyuluh pertanian, petani, kelembagaan penyuluhan pertanian, kelembagaan petani, kelembagaan pelatihan pertanian dan Widyaiswara bidang pertanian. Penghargaan kepada para teladan tersebut berikan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dari Pemerintah atas prestasi dan kinerja yang baik dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian. (17/8/2018).

Syukur Iwantoro mengungkapkan penerima penghargaan merupakan para teladan pertanian berprestasi yang sudah melalui seleksi yang ketat mulai dari kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai pemerintah pusat. "Kita harapkan nanti mereka akan menjadi motivator motivator bagi masyarakat di pedesaan di daerah masing-masing. Sehingga akan tumbuh generasi muda dan bisa membantu meningkatkan dan mendukung pertanian secara detail di lapangan yang akhirnya membuat masyarakatnya bisa lebih sejahtera di desanya", tambhanya.

Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Momon Rusmono sebagai ketua panitia penerima penghargaan mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini dilakukan setiap tahun yang dirangkaikan dengan hari besar nasional, dan para penerima penghargaan tersebut diikutsertakan untuk mengikuti rangkaian peringatan HUT RI ke-73 antara lain: Menghadiri Rapat Paripurna DPR-RI, dan Pidato Kenegaraan Presiden RI, mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Hari kemerdekaan RI ke73 di Istana Negara dan Silaturahim Presiden Rl dengan para Teladan.

Momon Rusmono mengatakan, Kementerian Pertanian telah memberikan penghargaan kepada para teladan di bidang Pertanian sejak tahun 2006. Tahun 2018 ini Kementerian Pertanian kembali memberikan Penghargaan Tingkat Nasional bagi 27 orang teladan di bidang Pertanian yang terdiri dari 3 orang Petani Berprestasi, 3 Gapoktan berprestasi, 3 Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi, 3 orang Penyuluh Pertanian Teladan, 3 Balai Penyuluhan Pertanian Berprestasi, 9 orang Pengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Berprestasi, 3 orang Widyaiswara Berprestasi

Menurutnya, pemenang dipilih berdasarkan seleksi yang dilakukan melalui penilaian yang objektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. Keberhasilan pembangunan sektor pertanian tidak terlepas dari keberhasilan kinerja Kementerian Pertanian dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia Pertanian sebagai pelaku utama yang professional, berkualitas, andal dan berdaya saing. "Untuk mewujudkan Swasembada Pangan dan Lumbung Pangan 2045 sangat diperlukan pelaku utama bidang pertanian yang berkualitas dan memiliki jiwa kewirausahaan sehingga mampu mengembangkan usaha agribisnis yang menembus pasar dunia", ujarnya. SY