Bubur Pedas Makanan Khas Kalimantan Barat

udin abay | Sabtu, 30 April 2016 , 21:43:00 WIB

Swadayaonline - Apabila kita berkunjung ke daerah Kalimantan Barat dengan ibu kotanya Pontianak di jumpai bubur pedas. Suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat, punya unggulan kuliner pedas yang  harus dicicipi para wisatawan. Inilah Bubur Pedas Sambas, dahulu bubur pedas ini disajikan di kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli.

Bubur pedas ini ternyata tidak hanya ada di Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, dan Pontianak. Ternyata bubur pedas ini ada juga di Negeri Jiran yaitu Sarawak, Malaysia. Menurut informasi dari para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang berasal dari Kalimantan Barat (Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, dan Pontianak serta (Sintang) mengkhabarkan bahwa Malaysia (Sarawak) telah mengklaim bahwa “bubur pedas” itu adalah milik mereka, punya mereka, berasal usul dari Malaysia.

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran, tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi. Sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan. Belum lagi paduan gorengan kacang tanah plus ikan teri yang digoreng kering menambah citarasa.

Unik
Selain menjadi salah satu menu andalan di warung milik orang Melayu, bubur pedas pun mudah ditemui di tempat orang berjualan ta’jil saat bulan Ramadhan. Bubur Pedas ini memang unik, tanpa membubuhkan sambal, kita tidak akan merasakan pedas sama sekali, malah cenderung bertekstur gurih dan segar.

Bubur ini sangat kaya akan gizi. Berbahan dasar beras yang telah dihaluskan dan disangrai, serta kelapa parut yang telah disangrai, kaldu daging, berbagai macam sayuran dan rempah-rempah menghasilkan citarasa yang luar biasa unik. Sangat gurih dan lezat, tentunya lebih enak disantap saat masih hangat.

Bubur pedas merupakan salah satu makanan khas di Kalimantan

Barat. Kuliner yang satu ini wajib Anda coba jika berkunjung ke Kalimantan Barat. Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena tersedia di daerah seperti Pontianak, Sambas, Singkawang, Ketapang, Bengkayang dan Mempawah. Dahulu bubur pedas hanya disajikan di kalangan kerajaan, dan merupakan cerminan budaya yang kental di kerajaan Melayu Deli. Namun sekarang bubur pedas sudah menjadi makanan seluruh rakyat yang diminati.

Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dioseng dan kaya akan rempah serta sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum , tidak heran jika bubur ini dinilai penuh gizi. Semakin sedap rasanya karena ditambah taburan kacang tanah dan  ikan teri goreng membuat cita rasa semakin komplit.

Walaupun namanya bubur pedas, tetapi sebenarnya rasa asli bubur ini tidaklah pedas. Anda dapat menambahkan sambal terpisah sesuai dengan selera. Bubur Pedas cocok dinikmati sebagai sarapan atau pengganjal perut waktu sore hari ditemani segelas kopi hitam murni hangat. (berbagai sumber)