BPTP Banten Introduksikan Teknologi Pengelolaan Pakan Mendukung UPSUS SIWAB

udin abay | Selasa, 21 Agustus 2018 , 11:33:00 WIB

Swadayaonline.com - Upaya Khusus (UPSUS) Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting atau yang dikenal dengan UPSUS SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting) terus digalakkan oleh BPTP Banten melalui berbagai pendampingan.  Percepatan peningkatan populasi tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan asal hewan yang dilakukan melalui Sistem Manajemen Reproduksi.  Salah satu poin penting untuk mendukung terlaksananya Manajemen reproduksi adalah pemenuhan hijauan pakan ternak dan konsentrat. 

Dalam upaya pemenuhan hijauan pakan tersebut, BPTP Banten telah melakukan introduksi teknologi pengelolaan pakan dan pembuatan mineral block sebagai suplemen nutrisi bagi ternak di beberapa lokasi sentra pemeliharaan sapi/kerbau, salah satunya telah dilakukan di Kelompok Peternak Basisir Sukajadi yang berlokasi di kp.Sukasari, Desa Sukajadi, Kec.Penggarangan, Kab.Lebak. Pelatihan yang dilakukan pada Kamis lalu tersebut (16/08/2018) dihadiri oleh 20 orang peserta terdiri dari peternak anggota kelompok Basisir Sukajadi, dan petugas pendamping kelompok.

Kedua materi pelatihan disampaikan oleh Tim UPSUS SIWAB BPTP Banten, yaitu drh. Eko Kardiyanto dan Ahmad Muhtami, S.PKP.  Materi pengelolaan pakan ternak menekankan pada pemberian pakan berkualitas meliputi jenis-jenis hijauan pakan, kebutuhan pakan dan teknologi pengolahan/pengawetan pakan. Penyampaian materi mineral block dilakukan dengan cara melakukan praktek langsung di lapangan. Suplemen pakan ternak mineral block berguna untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam pakan dan mencegah defisiensi mineral sehingga pertumbuhan ternak bisa lebih baik. Kedua materi ini penting karena menjadi solusi utama bagi kelompok peternak dalam melakukan pengadaan pakan yang berkualitas.

Waupun pada dua minggu sebelumnya areal kandang kelompok rubuh akibat diterjang ombak tinggi, Kelompok Basisir Sukajadi tetap bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan. Semangat dan kekompakan kelompok juga terlihat dari telah dibersihkannya areal kandang dan telah dilaksanakannya penanaman hijauan Indigofera dan Lamtoro dengan bibit yang diperoleh dari BPTP Banten. Kedua hijauan ini merupakan sumber pakan murah dan berkualitas bagi ternak. SY/HMSL