Kadus dan Pendamping Desa Bonder Lombok Tengah Ikuti Bimtek Program Bekerja

udin abay | Kamis, 06 September 2018 , 17:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan menggelar bimbingan teknis Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) NTB. Bimtek yang berlangsung di kantor desa ini diikuti oleh para kepala dusun, pendamping dan pengurus desa.

Menurut Kepala BB Biogen yang sekaligus menjadi penanggungjawab program Bekerja Kabupaten Loteng, Mastur PhD, program ini merupakan upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian, salah satunya dengan cara memberi ayam kampung unggul Balitbangtan kepada rumah tangga miskin (RTM) serta mendampingi pengelolaannya agar berhasil. Selain ayam juga akan diberikan sayuran dan kelapa dalam. 

"Program Bekerja ini akan direalisasikan kepada 12 ribu lebih RTM yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur," papar Mastur.

Drh Luh Astiti, MSi peneliti budidaya ternak BPTP NTB menambahkan, bimtek ini bertujuan untuk mengedukasi RTM penerima bantuan melalui para pendamping desa dan kepala dusun tentang bagaimana cara memelihara DOC ayam KUB dengan baik. Karena yang diharapkan dari program ini adalah kesuksesan para petani dalam mengembangbiakkan ternak yang berdampak pada perekonomian. 

Asman, Kepala Dusun Dasan Tengak yang menjadi salah satu peserta bimtek menyambut baik program Bekerja. Menurutnya program ini sangat membantu masyarakat yang selama ini hanya bergantung pada sektor pertanian.

"Pertanian di sini sangat bergantung musim. Jika musim kering seperti saat ini penghasilan petani sangat rendah. Dengan adanya bantuan ayam ini semoga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi para petani," ujar Asman.

Secara nasional tahun 2018, Kementan menargetkan program Bekerja dapat dilaksanakan di 10 provinsi, menjangkau 776 desa dan 200 ribu rumah tangga miskin. SY/HMSL