Usai Diklat Teknis Agribisnis Sayuran dengan OTM, Peserta Bisa Jual Produknya ke BAVAS

udin abay | Rabu, 12 September 2018 , 17:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Diklat Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model Angkatan 30 dilaksanakan di Kelompok Tani Sadati Desa Cibogo Kecamatan Lembang. Pelatihan telah dilaksanakan selama 7 sesi mulai tanggal 11 Juli – 12 September 2018. Selama sesi berlatih, sudah banyak materi yang diberikan kepada peserta pelatihan sekaligus praktik langsung, tentang bagaimana teknik budidaya sayuran yang baik dan ramah lingkungan. Materinya antara lain pengolahan lahan, persiapan dan seleksi benih, persemaian, pengenalan pestisida nabati dan pembuatan pupuk organik cair, pengendalian OPT, serta panen dan pascapanen.

Rabu (12/09/2018), Sesi ke-7 yang merupakan sesi terakhir rangkaian pelatihan, peserta berkunjung ke Packing House dan Screen House di BBPP Lembang. Packing House akan menjadi aktivitas pemasaran bagi petani alumni pelatihan ini untuk belajar pemasaran dan akan tergabung sebagai anggota Bandung Vegetables Station (BAVAS) sehingga seluruh petani peserta pelatihan dapat menjual produknya kesana. Dijelaskan tentang kegiatan yang dilakukan di Packing House mulai dari sayuran datang hingga dilakukan pengemasan sebelum dijual ke pasar. Didalam Screen House, dijelaskan proses pembibitan tanaman sayuran yang dilakukan untuk menghasilkan benih sayuran berkualitas. 

Akhirnya, pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Umum, Drs. Taufik Lukman, MP. Disampaikannya, “Kami berharap materi pelatihan yang telah diberikan dapat langsung dipraktikkan, tentunya dengan pendampingan terus-menerus oleh penyuluh pendamping dan core farmer selama maksimal 1 tahun, sehingga sehingga hasil panen akan baik secara kuantitas maupun kualitas. Dengan demikian tujuan pelatihan yaitu meningkatkan kompetensi tercapai sehingga pendapatan meningkat yang pada akhirnya tercapai kesejahteraan petani”. SY/CTY