Polbangtan Bogor Salurkan Rp. 95 Juta untuk Korban Bencana Sultra

udin abay | Rabu, 10 Oktober 2018 , 16:57:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, kembali mengumpulkan donasi untuk korban gempa dan tsunami untuk Palu, Donggala, dan Sigi. Penggalangan dana dilakukan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan Bogor, Polbangtan Medan, dan Darmawanita lingkup BPPSDMP Kementan. (10/10/2018).

Hasil penggalangan dana Polbangtan Bogor sebanyak Rp. 95.449.200 dan pakaian layak pakai, Polbangtan Medan Rp. 45.000.000, dan Darmawanita lingkup BPPSDMP Rp. 25.000.000. Hasil pengumpulan donasi bencana terswbut diserahkan kepada Kepala BPPSDM Kementan, Momon Rusmono untuk disalurkan kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Momon Rusmono dalam sambutannya merasa terenyuh atas kepedulian yang dilakukan mahasiswa Polbangtan dan Darmawanita BPPSDMP. "Awalnya, atas inisiasi Menteri Pertanian melalui gerakan "gesbu" seluruh karyawan lingkup BPSDMP telah melakukan donasi sebanyak 230 juta yang telah dibelanjakan sandang dan pangan. Insya Alloh hasil dari pengumpulan donasi lanjutan ini akan kita kirimkan lagi ke korban bencana", tambahnya.

"Saya yakin, seluruh Polbangtan yang ada di Indonesia sedang melakukan penggalangan donasi, tapi memang baru Polbangtan Bogor dan Medan serta Darmawanita BPPSDMP yang lebih dulu. Semoga Polbangtan yang lain cepat menyusul memberikan bantuan korban bencana di Sulteng ini", tegas Momon.

Menururnya, ada empat prinsip pendidikan yang mengacu UNESCO yaitu orientasi pada peningkatan pengetahuan, keterampilan/keahlian, sikap/prilaku, dan proses pendidikan hidup bersama dan memperhatikan masalah sosial. Dan kepedulian gempa ini sudah sejalan dengan UNESCO yaitu prinsip yang keempat.

Yandri Muhammad Ramadhan, mahasiswa Polbangtan Bogor mengatakan penggalangan donasi dilakukan selama dua hari oleh 700 mahasiswa. "Dalam penggalangan tersebut, kita menjual seni dengan melakukan atraksi drumband sambil mengusung tema "aksi solidaritas peduli bencana Palu dan Donggala Polbangtan", ujarnya. SY