Pemasaran Sebagai Syarat Utama Keberhasilan Usaha

aa | Selasa, 16 Oktober 2018 , 18:29:00 WIB

Swadayaonline.com - Diklat Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model Angkatan 39 memasuki Sesi 7, Selasa (09/10/2018). Tiga puluh orang petani peserta pelatihan yang berasal dari Kelompok Tani Mas Desa Cibodas Lembang berkunjung ke Packing House untuk mengetahui setiap detail bagian yang ada Packing House mulai dari barang datang hingga dikemas sebelum dipasarkan, dimana didalam Packing House terdapat ruangan loading barang, ruangan sortasi, ruangan pengemasan, cold storage, dan ruangan display produk. Peserta juga belajar mekanisme pemasaran sayuran yang ada di korporasi petani Bandung Vegetables Station (Bavas) dimana seluruh petani peserta pelatihan ini akan bergabung di Bavas sebagai wadah mereka nantinya melakukan aktivitas pemasaran atas komoditas sayuran yang mereka budidayakan, seperti brokoli, buncis Kenya, cabai, dan sayuran lainnya.
Selain itu, peserta melihat dan memperoleh informasi tentang proses pembibitan tanaman sayuran pada salah satu screen house hasil kerjasama BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission. Dijelaskan oleh petugas tentang detail proses pembibitan tanaman dan mekanisme kerja screen house modern.
Sesi 7 diakhir dengan penutupan pelatihan secara resmi oleh Kepala Seksi Non Aparatur, Irwan Waluya didampingi oleh Counterpart dan para Penyuluh Pendamping. Dedeng, salah seorang peserta menyampaikan disela-sela penutupan, “Dengan mengikuti pelatihan ini, kami jadi memahami teknik budidaya tanaman yang benar, modern, dan ramah lingkungan. Harapan kami, dengan kami bergabung didalam Bavas dan juga pendampingan oleh penyuluh, taraf ekonomi kami dapat meningkat dan kami dapat meraih kesejahteraan”. SY/CTY