Sinergi Pusat Unggulan IPTEK Terus Berlanjut dalam Mengelola SDG Pertanian

aa | Rabu, 17 Oktober 2018 , 06:20:00 WIB

Swadayaoine.com - Pada tahun 2018 Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mendapat amanah sebagai koordinator sinergi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) dalam bidang Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian.

Sejauh ini beberapa lembaga riset seperti Balai Tanaman Hias (Balithi) Cipanas dan (Balai Penelitian Tanaman Sereal) Balitseral Maros telah melakukan sinergi utk kegiatan pengelolaan SDG. Kini giliran Balai Besar Padi Sukamandi dengan kegiatan riset utamanya di tanaman padi, juga berminat utk bekerjasama dengan BB Biogen dalam pengelolaan SDG tanaman padi. 

Pertemuan dalam rangka kerjasama ini diawali dengan kunjungan tim BB Padi sebanyak dua orang ke Bank Gen Balitbangtan yang ada di BB Biogen. Mereka mengunjungi fasilitas bank gen mulai dari penyimpanan jangka pendek dan jangka panjang, tempat prosesing benih, serta laboratorium pengujian mutu benih.

Dalam kunjungan tersebut, salah satu anggota tim BB Padi, Yuni Widyastuti memberi apresiasi terhadap keberadaan Bank Gen Balitbangtan dan optimis kerja sama yang terjalin nantinya akan memberikan dampak positif untuk pengembangan SDG tanaman padi.

"Bank Gen Balitbangtan memang pantas dan layak diangkat sebagai bank gen nasional karena fasilitasnya lengkap dan sangat besar. Koleksi padi kami juga harus diduplikat dan disimpan di sini," ujar Yuni pada Senin (15/10/2018).

Usai mengunjungi bank gen, tim BB Padi menggelar diskusi bersama tim SDG BB Biogen. Dari diskusi tersebut, terdapat beberapa poin yang disepakati dalam sinergi tahun 2019 mendatang, yaitu mengembangkan SDG padi melalui kegiatan eksplorasi plasma nutfah terutama di daerah-daerah perbatasan, pelestarian dan pemeliharaan SDG padi di Bank Gen Balitbangtan, serta pemanfaatan SDG padi melalui kegiatan karakterisasi morfo-agronomi, skrining terhadap cekaman biotik-abiotik, evaluasi mutu fisik beras, dan sidik jari plasma nutfah padi lokal.

Selain itu Tim SDG BB Biogen dan BB Padi juga sepakat untuk memanfaatan SDG padi lokal yang potensial dijadikan tetua dalam program pemuliaan atau perbaikan genetik bersama, serta menjalin kerja sama dalam mengelola informasi dan database SDG padi.

Dari kesepakatan tersebut diharapkan pengelolaan SDG padi di BB Biogen dan BB Padi dapat lebih optimal, serta efektif dan efisien dalam mencapai tujuan utama konservasi. SY/HMSL