TK Ummu Aman Lawang Belajar Mengenal Pertanian di BBPP Ketindan

aa | Senin, 22 Oktober 2018 , 19:40:00 WIB

Swadayaonline.com - 120 anak dari Taman Kanak-Kanak dan Bermain (TKB) Ummu Aiman  Lawang antusias belajar mengenal dunia pertanian, dengan mengambil tema “puncak pengenalan tanaman” di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. 

Pengenalan tanaman dimulai dari jenis-jenis tanaman pangan dan hortikultura yang dapat dijumpai oleh anak-anak di lingkungan sekitar mereka. Diterima oleh Humas BBPP Ketindan, Yeniarta yang  didampingi juga  oleh petugas teknis lapangan Hadi Gunawan dan Jailani, anak-anak Ummu Aiman terlebih dahulu mendapatkan informasi singkat seputar dunia pertanian yang menyenangkan bagi anak-anak seusia mereka. 

Setelah mendapatkan informasi singkat, anak-anak diajak ke lahan belakang untuk memulai kegiatan pertanian. Sepanjang perjalanan anak-anak juga dikenalkan dengan berbagai macam tanaman seperti terong, cabai, tomat, labu, bawang merah, padi, jagung, belimbing agar mereka mengenal secara dekat ciri fisik yang sering mereka jumpai tapi tidak mengenal nama tanaman.

Dilahan, anak-anak diajarkan bagaiman mengisi polybag dengan pupuk dan tanah lalu menanam bibit cabai dan bawang merah. Setelah penjelasan dari petugas teknis, anak-anak dengan diampingi guru, siswa magang dan petugas teknis mulai praktek menanam. Hal ini membuat mereka semakin antusias bercocok tanam, walau tangan mereka kotor. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan mesin pengolahan hasil pertanian dan produksi yang dihasilkan. Sebelum diakhiri kegiatan, anak-anak diajak naik traktor yang dimodifikasi untuk bisa berkeliling balai secara bergantian dengan teman-temannya. 

Kepuasan nampak pada wajah-wajah mereka yang berseri. Guru pendamping berharap kegiatan serupa akan diberikan kepada anak-anak dan fokus pada pengolahan hasil pertanian seperti pembuatan es krim, pembuatan sosis dan roti unyil dari bahan-bahan lokal. SY/YNI