Korporasi Nenas Berbasis BUMP di Lampung Tengah

aa | Selasa, 23 Oktober 2018 , 07:55:00 WIB

Swadayaonline.com - Kunjungan lapangan oleh Direktur Pangan dan Pertanian, Bappenas di Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, Provinsi Lampung.  merupakan momen penting, dalam membangun BUMP Nenas di masa yang akan datang karena BUMP Nenas merupakan produk unggulan, dan strategis serta banyak diminati masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri, kunjungan lapangan ini selain di ikuti perwakilan dari kementerian pertanian yaitu dari Ditjen Hortikultura dan Badan PPSDM Pertanian, juga Dinas Pertanian Provinsi dan Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Tengah serta pihak swasta, oleh karena itu Direktur Pangan dan Pertanian dalam arahannya meminta dan mengharapkan agar pemerintah daerah benar-benar memperhatikan dan membantu dalam membesarkan BUMP ini sehingga pendapatan petani dengan sendirinya akan meningkat. Bahkan bila perlu generasi muda di ajak untuk terlibat dalam mengelola BUMP Nenas mulai dari Hulu sampai Hilir.

Apa yang disampaikan oleh Direktur Pangan dan Pertanian, sejalan dengan kebijakan Penyuluhan Pertanian dalam membangun Korporasi Petani berbasis BUMP.  Korporasi yg di bangun bukan hanya di lampung tengah saja tapi diharapkan akan dibangun di seluruh provinsi dan minimal satu unit korporasi di kab/kota.

Untuk mewujudkan semua itu, selain dukungan pemerintah daerah, dan pemerintah pusat juga melibatkan pihak swasta.

Salah satu dukungan utama dari pusat adalah membangun jalan usaha produksi, membangun pusat benih, memperkuat kelembagaan BUMP dan menata menejemen usahatani yg lebih modern. jika ini sudah dilakukan maka pasti pihak swasta akan ikut membesarkan BUMP bukan saja dalam negeri tapi bisa ekspor ke luar negeri. SY/HSN