Kuliah Lapang Mahasiswa Universitas Brawijaya ke BBPP Ketindan

aa | Rabu, 24 Oktober 2018 , 09:50:00 WIB

Swadayaonline.com - Sejumlah 20 mahasiswa dari Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan kuliah lapang ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Hal ini dilakukan terkait mengenai mata kuliah mereka dan yang dipelajari di BBPP Ketindan adalah pengendalian hayati. Kuliah lapangan dilaksanakan di departemen proteksi tanaman BBPP Ketindan, yang sebelumnya diterima secara resmi oleh Kasubag Kepegawaian dan Rumah Tangga, Astutiningsih didampingi oleh Koordinator Widyaiswara, Juniawan serta widyaiswara departemen proteksi tanaman, Dewi Melani dan Lutfi Tri Andriani. 

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi agens hayati, dimana mahasiswa dikenalkan dengan jenis-jenis agens hayati yg terdiri dari predator, parasitoid, dan patogen. Dilanjutkan dengan penyampaian metode dan teknologi perbanyakan agens hayati dengan media padat dan media cair. Materi berlanjut dengan penyampaian dan sosialisasi produk departemen proteksi tanaman yang telah banyak dikenal dan diaplikasikan oleh masyarakat luas. 

Setelah penyampaian materi, kegiatan di lakukan dengan praktek dan demonstrasi di laboratorium proteksi tanaman, mulai dari perbanyakan agens hayati dengan media cair dan media padat, pestisida nabati, hingga teknologi asap cair. Para mahasiswa sangat antusias terhadap teknologi yang ada di BBPP Ketindan, karena produk- produknya dihasilkan dengan teknologi tepat guna yang sangat sederhana, dan mudah diaplikasikan oleh semua orang. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan teknogi yang telah dilakukan oleh departemen proteksi tanaman dapat menginspirasi mahasiswa untuk selalu berinovasi dan berkreasi bagi dunia pertanian dan kesejahteraan masyarakat. SY/YNI