Pengelola Alsintan Siap Mendukung Swasembada Pangan

aa | Sabtu, 27 Oktober 2018 , 07:07:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Alsintan dan Operator yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus Poktan/Gapoktan/Pengelola Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA)/Brigade Alsintan dan penerima bantuan serta penyuluh pertanian di lokasi penerima bantuan dalam mengelola alsintan. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai 11 – 12 Oktober 2018 ini bertempat di BPP Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Pelatihan dilaksanakan dalam rangka mendukung swasembada berkelanjutan padi dan jagung serta swasembada kedelai, dimana Kementerian Pertanian telah menetapkan upaya khusus melalui kegiatan bantuan sosial alat-alat mesin pertanian diantaranya berupa traktor roda dua (TR2), traktor roda empat (TR4), mesin tanam padi (rice transplanter), mesin panen padi kombinasi (combine harvester), mesin pompa air irigasi, mesin perontok padi, mesin penggiling padi dan mesin pengering padi. yang telah disalurkan kepada Poktan, Gapoktan, UPJA atau dalam bentuk Brigade Tanam dan Brigade Panen.

Dengan dukungan penyediaan alat dan mesin pertanian diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan. Dengan pola ini diharapkan pemanfaatan alsintan dapat optimal dalam mendukung perrcepatan pengolahan tanah, penanaman, penyediaan air irigasi dan panen sehingga akan berdampak kualitas dan kuantitas produksi.

Selama berlatih, peserta memperoleh materi secara klasikal dan praktik langsung tentang pengelolaan alsintan, pemeliharaan alsintan dan praktik langsung bagaimana cara mengoperasionalkan TR2, TR4 dan combine harvester yang baik dan benar. SY/CTY