Job Creator sebagai Acuan Mahasiswa yang Kekinian

aa | Senin, 29 Oktober 2018 , 12:14:00 WIB

Swadayaonline.com - Para calon job creator pertanian, 149 orang mahasiswa-i semester 5 jurusan peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, belajar teknologi pertanian di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kamis (18/10/2018). Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Rokhedi. Pada kesempatan ini disampaikan “peran mahasiswa pertanian dan peternakan kini harus mampu menjadi job creator, karenanya harus memiliki banyak ide dan kreativitas agar kelak bisa menjadi wirausahawan muda yang berhasil”.

Selanjutnya, dibagi menjadi 2 kelompok, peserta berkeliling lahan praktik diantaranya zona Kawasan Rumah Pangan Lestari. Disana mereka memperoleh penjelasan dari pengelola tentang penanaman tanaman sayuran berdaun seperti lettuce dengan teknologi hidroponik sistem deep flow technique yang ditanam secara vertikultur. Selain itu ada juga wick system, dan minaponik untuk mengenalkan konsep pertanian modern yaitu penggunaan teknologi sehingga menanam tanaman dengan cepat, tidak perlu kotor-kotoran, dan hasil banyak sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Peserta juga memperoleh penjelasan tentang adanya hewan ternak seperti kelinci, domba, dan sapi yang dimanfaatkan urine dan kotorannya sebagai pupuk organik cair dan kompos untuk membantu kesuburan tanah di lahan praktik BBPP Lembang, yang disebut dengan konsep pertanian terpadu. Di zona screen aeroponik, dimana sedang dilakukan persiapan panen benih kentang G0, peserta memperoleh penjelasan tentang proses pembibitan tanaman kentang G0 dengan teknologi aeroponik. SY/CTY