Panen Jagung dan Pelepasan Perdana Benih Kedelai Kabupaten Pandeglang ke Lampung

aa | Selasa, 30 Oktober 2018 , 12:15:00 WIB

Swadayaonline.com - Upaya pemerintah untuk mewujudkan dan mempertahankan swasembada pangan terus dilakukan. Selain beras, pemerintah juga memberikan perhatian khusus untuk jagung dan kedelai. Adalah Kabupaten Pandeglang yang menjadi salah satu sentra pertanian di Provinsi Banten, menunjukkan geliatnya dalam hal produksi benih kedelai. Setelan memasok 10,3 ton benih ke Kabupaten Serang, pada tanggal 24 Oktober 2018 bertempat di halaman kantor Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang kembali memasok sebanyak 35 ton benih kedelai hasil produksi dari dua Desa Mandiri Benih di Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. 

Pada hari tersebut ditandai dengan acara pelepasan empat truk benih kedelai oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita dan dihadiri oleh Kepala BPTP  Banten Sudi Mardianto, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Camat Sukaresmi dan Camat Panimbang. 

"Para petani luar biasa, dengan kondisi kemarau panjang tetapi masih terus bisa panen kedelai dan jagung hibrida. Ini merupakan anugerah  yang harus kita syukuri"  ujar Bupati Irna Narulita. 

Kepala Bidang Pertanian Distan  Mohamad Nasir  mengungkapkan bahwa bisnis benih kedelai di Kabupaten Pandeglang melibatkan BUMD Berkah Maju.  Setelah Provinsi Lampung, selanjutnya kami juga akan menyuplai Benih ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan,"  ujarnya.

Masih di Kabupaten Pandeglang  tepatnya di Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi dilakukan panen raya  jagung hibrida. Berdasarkan data produksi Jagung di Provinsi Banten, dari total produksi 63.518 ton,  tertinggi berada di Kab. Pandeglang yaitu sebesar 41.418 ton (data 2017), atau Pandeglang berkontribusi sebesar 65,21 % terhadap produksi jagung di Provinsi Banten. SY/HMSL