Teknologi Hidroponik Menarik Minat Petugas Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan

aa | Senin, 05 November 2018 , 13:09:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menjadi lokasi yang tepat bagi siapa saja yang ingin belar pertanian, baik dari on-farm hingga off-farm. Jumat (02/11/2018), 20 orang petugas dari Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan datang ke BBPP Lembang untuk belajar teknologi pertanian hidroponik khususnya dan juga perbenihan melalui kultur jaringan untuk bisa diadopsi di lingkungan kerja mereka.

Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Seksi Program dan Kerjasama, Yullyndra Tisna Diputri. Dipaparkan tentang profil balai dan dilanjutkan diskusi singkat tentang peran dan fungsi BBPP Lembang sebagai balai pelatihan pertanian dalam pengembangan sumber daya manusia pertanian.

Selanjutnya, peserta diajak mengelilingi lahan praktik di balai, diantaranya Kawasan Rumah Pangan Lestari. Disana peserta memperoleh penjelasan tentang teknologi budidaya hidroponik deep flow technique, aqua-minaponik, nutrient film technique, serta wick system. Selanjutnya, peserta mengunjungi laboratorium kultur jaringan untuk memperoleh penjelasan tentang bagaimana melakukan perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan, khususnya untuk komoditas pisang kepok yang memang melimpah di Kalimantan Selatan. SY/CTY