DPD RI Meminta BBPP Lembang Transformasikan Ilmu dan Teknologi Pertanian ke Masyarakat

aa | Senin, 05 November 2018 , 13:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Selasa (30/10/2018), dalam rangka masa penyerapan aspirasi masyarakat untuk tugas konstitusional legislasi, pertimbangan anggaran dan pengawasan serta upaya penguatan lembaga dalam perspektif efektivitas otonomi daerah , maka salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI),  Bapak  Aceng HM. Fikri melakukan kunjungan kerja di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. 

Kepala BBPP Lembang, Bandel Hartopo memaparkan tugas fungsi BBPP Lembang sebagai balai pelatihan dan memaparkan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki untuk mendukung tugas fungsi. Kepala Balai juga menyampaikan kegiatan strategis yang dilakukan oleh BBPP Lembang dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia pertanian, diantaranya kerjasama strategis dengan Taiwan Technical Mission dalam kerangka pemberdayaan petani wilayah Kabupaten Bandung Barat dan sebagian Kabupaten Bandung dengan kegiatan pelatihan dan pemasaran melalui korporasi petani bernama Bandung Vegetables Station (BAVAS). Kepala Balai menyampaikan bahwa kesempatan setiap peserta yang datang ke BBPP Lembang hanya 1 kali setiap 10-15 tahun. Hal ini terjadi karena jumlah pelatihan di BBPP Lembang masih terbatas jumlahnya.

Bapak Aceng Fikri menyampaikan “Saya berharap BBPP Lembang dapat mentransformasikan ilmu dan teknologi pertanian kepada masyarakat dalam hal ini petani agar dapat mengubah mindset mereka melalui pendampingan oleh para penyuluh sehingga dapat memberi manfaat bagi mereka dalam mencapai kesejahteraannya”. Selanjutnya, rombongan berkeliling lahan praktik BBPP Lembang, yaitu ke packing house, screen house hidroponik dan aeroponik, dan zona kawasan rumah pangan lestari, melihat sarana dan prasarana pelatihan dan aktivitas pertanian serta memperoleh penjelasan tentang teknologi pertanian yang diterapkan di BBPP Lembang untuk pertanian yang lebih baik dan modern. SY/CTY