Balitbangtan Kenalkan Produk Hasil Teknologi Pertanian di Indonesia Science Expo 2018

aa | Selasa, 06 November 2018 , 09:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut memeriahkan Indonesia Science Expo (ISE) 2018 yang berlangsung di ICE BSD Tangerang Selatan. Balitbangtan hadir dengan beberapa hasil penelitiannya seperti feromon, teknologi pendeteksi kebuntingan sapi, kit deteksi kegenjahan aren, biosinta, beragam varietas unggul padi, sorgum, serta buah-buahan seperti mangga agri gardina, mangga gadung 21, mangga garifta merah dan lain-lain.

Keterlibatan Balitbangtan di acara ini mendapat apresiasi dari pengunjung, karena masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengetahui apa saja teknologi yang telah dihasilkan untuk masyarakat, khususnya petani.

“Melalui acara ini kita dapat mengetahui apa saja teknologi yang dihasilkan oleh Kementerian Pertanian. Misalnya feromon yang sangat membantu petani dalam mengendalikan hama,” ujar salah satu pengunjung, Yudhi saat mengunjungi stand Balitbangtan, Kamis (1/11/2018).

ISE sendiri merupakan pameran ilmiah berskala nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Acara bertema Celebrating Science and Innovation atau Merayakan Sains dan Inovasi ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tidak ada yang paling relevan untuk menghadapi tantangan kehidupan kecuali lembaga penelitian. Menurutnya, semua keterbatasan dan ketidakmungkinan bisa diterobos oleh ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

"Kehadiran saya di sini untuk menyaksikan karya-karya besar bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian yang mengubah ketidakmungkinan menjadi mungkin, kesulitan menjadi mudah. Inilah yang akan membawa Indonesia maju," kata Jokowi.

Acara ISE 2018 akan berlangsung selama empat hari sejak 1 hingga 4 November, pada pukul 10.00 sampai 17.00 WIB. Di sini, secara gratis para pengunjung dapat menyaksikan pameran sains, penghargaan kompetensi, konferensi nasional dan internasional, penghargaan penemu muda indonesia, pertemuan bisnis, pertunjukan sains dan seni sains, ekperimen sains, film sains, workhop dan pameran robotik. SY/HMSL