Sinergi Mengamankan Stock Pangan Kalteng

aa | Rabu, 07 November 2018 , 18:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka kunjungan kerja Tim Wasev Sergab Mabesad di wilayah Jajaran Korem 102/Panju Panjung pada tanggal 5-10 November 2018 ke Kalimantan Tengah khususnya Ke Divre Bulog Prov. Kalteng, dan kunjungan ke Subdivre Kapuas dan Subdivre Buntok, Kolonel (Inf) Gemuruh beserta Danrem 102/Panju Panjung dan pasiter melakukan tatap muka dengan Divre Bulog Prov. Kalteng dan jajarannya, Dinas TPHP Prov. Kalteng, BPTP Kalteng dan Dinas Pertanian Kota Palangka raya.

Tim Sergap ini merupakan tim serap gabah petani, yang bertugas memantau kondisi perberasan dan gabah yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.
Menurut Kepala Divre Bulog Prov. Kalteng (Faisal), sampai dengan awal bulan November 2018, capaian realisasi pengadaan mencapai 62,08% dan akan meningkat pada akhir tahun dan saat hari raya Nata dan Tahun Baru.
Lebih lanjut Faisal mengatakan   bahwa ada dua subdivre bulog di Kalteng yang mampu menyerap gabah dalam jumlah besar da sebagai penyangga yaitu subdivre Kapuas dan subdivre Sampit. Sementara untuk kualitas beras, kualitas beras Bulog sudah cukup bagus, dimana kadar air beras yang diminta sekita 14%, derajat sosoh 95%, butir patah 20% dan butir menir 2 %.

Sementara Tim Wasev Mabesad Korem 102 Panju Panjung (Kolonel Gemuruh), mengatakan agar peyerapan beras bulog tinggi, perlu dilakukan koordinasi lintas sektoral, khususnya merangkul mitra sebagai penyerab beras, dan untuk tingkat pertani  perlu selalu dilakukan  sosialisasi mengenai kualitas beras yang distandarkan bulog.
BPTP Kalteng  berkomitmen dalam menyiapkan teknologi pengaman hasil panen dan pasca panen agar produksi tetap memiliki daya saing harga yang baik di pasaran.
Semoga sinergi ini berjalan dengan baik, agar produksi meningkat, beras tersedia dan petani senang. SY/HMSL