Serif Saga Agrihorti, Semangka Berdaging Merah Menyala.dan Manis

aa | Jum'at, 09 November 2018 , 15:51:00 WIB

Swadayaonline.con - Semangka merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri, karena rasanya yang manis dan segar. 91% dari buah ini adalah larutan elektrolit dan air yang dapat menggantikan kebutuhan air dalam tubuh kita dan mencegah dehidrasi. Kandungan lycopen tinggi yang terdapat pada semangka sangat bagus untuk kesehatan hati dan mencegah kanker prostat. Antioksidan pada buah ini dapat menangkal gangguan radikal bebas pada tubuh. Kandungan lemak dan kalorinya pun sangat rendah, hanya 30 kalori per 100 g. Selain nilai gizi tersebut, semangka mempunyai nilai ekonomis tinggi dan dapat ditanam daerah tropis dan subtropis. 

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) meluncurkan semangka varietas baru, yaitu Semangka Serif Saga Agri Horti yang mempunyai bobot per buah antara 4-6 kg, produksi 26,84-34,41 ton/ha, warna kulit buah hijau muda dengan pola lorek lebih lebar dengan warna hijau tua. Keunggulan varietas Serif Saga Agrihorti yaitu warna daging buah yang merah menyala, berbiji sedikit dengan rasa daging buah manis dan renyah terasa enak dan segar dilidah, sehingga mampu memuaskan lidah dan dahaga penikmatnya.
Semangka Serif Saga Agrihorti dapat beradaptasi baik di Kebun Percobaan (KP) Subang, Jawa Barat dengan ketinggian tempat 80 mdpal pada musim kemarau, dimana suhu udara mencapai 32^C dan tidak ada curah hujan selama masa pertumbuhan. Menurut Kepala KP Subang Diah Sunarwati, SSi, Msi., “Di KP. Subang, Semangka Serif Saga Agrihorti juga tumbuh baik di musim penghujan, hanya TSSnya mencapai 11,5 brix. Oleh karena itu, Semangka Serif Saga Agrihorti mempunyai peluang besar untuk dikembangkan dan disukai konsumen.

Kuswandi, salah satu Peneliti semangka dari Balitbu Tropika menyatakan, semangka Serif Saga Agrihorti merupakan varietas bersari bebas yang sangat berpihak kepada petani. “Petani tidak perlu membeli benih setiap kali akan memulai usaha taninya, mereka cukup memastikan varietas ini tidak tercampur dan dapat menggunakan benih hasil panennya untuk ditanam pada musim tanam berikutnya.”

Semangka Serif Saga Agrihorti juga telah mendapat apresiasi positif dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat pembukaan Spekta Horti 2018 di Lembang Jawa Barat, beberapa waktu lalu."Semangka ini manis dan segar. Luar biasa," kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, kala mencicipi Semangka Serif Saga Agrihorti. Hal yang sama juga disampaikan oleh ratusan pengunjung Spekta Horti 2018 yang sempat mencicipinya. 

Tertarik mencoba? Saat ini benih Semangka Serif Saga Agrihorti dapat diperoleh di Balitbu Tropika, Solok, Sumatera Barat.SY/HMSL