Belajar Budidaya Sayuran Selada, Universitas Muhamadiyah Purworejo Magang di BBPP Lembang

udin abay | Rabu, 14 November 2018 , 07:33:00 WIB

Swadayaonline.com - Sayuran selada merupakan salah satu komoditas sayuran mudah untuk dibudidayakan baik secara konvensional di lahan maupun dengan menggunakan teknologi pertanian yaitu hidroponik dengan berbagai sistem, seperti Deep Flow Technique (DFT), irigasi tetes, wick system, dan aeroponik. Ini menarik minat para mahasiswa dan mahasiswi yang datang jauh dari Universitas Muhamadiyah Purworejo Jawa Tengah, sebanyak 90 orang yang berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang didampingi para dosen, Jumat (09/11/2018). Rombongan diterima secara resmi oleh plh. Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Rokhedi. Diskusi singkat pun berjalan tentang proses penyuluhan.

Di lahan praktik balai, peserta dibagi menjadi 4 kelompok untuk masing-masing memperoleh materi singkat dari pengelola lahan praktik. Peserta juga langsung mempraktikkan tentang persemaian bibit selada secara konvensional dan hidroponik, melakukan penanaman tanaman selada didalam polybag, membuat instalasi vertikultur untuk penanaman selada, menanam selada dengan wick system, dan membuat pupuk organik dari limbah sayuran dan kotoran ternak. 

Dengan belajar pertanian di BBPP Lembang, semoga dapat memberi pemahaman dan keterampilan bagi generasi muda kita untuk cinta pertanian. SY/CTY