BBPP Ketindan Latih Latsar Penyuluh Teluk Wondama

aa | Sabtu, 17 November 2018 , 15:17:00 WIB

Swadayaonline.com - “Visi Kementerian Pertanian adalah mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani”. Dimana menurut Presiden Joko Widodo pangan merupakan panglima pembangunan. Sedangkan di tahun 2019 pembangunan difokuskan pada pembangunan sumberdaya manusia (SDM). Bahwa setiap kementerian harus mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan SDM.

Menyikapi hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, juga mempunyai fokus kegiatan yaitu: penguatan kelembagaan penyuluhan, penguatan ketenagaan, penguatan kelembagaan petani, penyuluhan berbasis TIK dan peningkatan diseminasi dan adobsi teknologi. Sehubungan dengan itu perlu diwujudkan SDM yang profesional dan kompeten melalui pelatihan teknis dan fungsional yang terstruktur dan terprogram. Pelatihan fungsional diperuntukkan bagi pejabat fungsional sedangkan pelatihan teknis dapat diikuti oleh aparatur pertanian, baik tenaga fungsional maupun non fungsional. 

Agar dapat menjalankan tugas secara baik, tentu mereka  membutuhkan   tambahan pengetahuan tentang tugas, peran dan standar kinerja seorang penyuluh yang profesional. Oleh karena itu diperlukan pembekalan  tentang kisi-kisi penyelenggaraan penyuluhan yang baik. 

Kebutuhan akan pembekalan tersebut telah pula dilindungi dan dipayungi oleh Undang-Undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan sehingga   peran sentral penyuluh menjadi lebih tegas. Seiring dengan tujuan tersebut maka, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan untuk melaksanakan pelatihan dasar bagi 15 orang penyuluh pertanian terampil Kabupaten Teluk Wondama. 

Pelatihan yang dilaksanakan selama 21 hari ini dilaksanakan mulai tanggal 17 November sampai 7 Desember 2018 dan dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Ketindan, Astutinigsih yang mewakili Kepala BBPP Ketindan, dan sekaligus memberikan arahan bahwa peserta harus bersunggug-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian proses pelatihan. Pelatihan ini juga menjadikan peserta agar bertanggung jawab dengan kegiatan penyuluhan terhadap petani, mengawal dan mendampingi petani di lapangan. SY/YNI