Mengenalkan Modernisasi Pertanian Sejak Dini

aa | Kamis, 22 November 2018 , 05:29:00 WIB

Swadayaonline.com - Satu persatu anak-anak itu asyik mencoba mengoperasionalkan alat dan mesin pertanian (alsintan) jenis hand tractor dan cultivator untuk belajar mengolah lahan sebelum dilakukan penanaman. Didampingi pengelola lahan praktik, mereka memperoleh penjelasan singkat tentang pengolahan lahan dan penggunaan alsintan yang dapat mengefisienkan waktu dan tenaga dalam pengolahan lahan. Mereka adalah siswa-siswi SD Al-Azhar 15 Pamulang Tangerang Banten, yang sedang belajar pertanian di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kamis (15/11/2018). 

Di sudut lahan praktik lainnya, murid kelas VI ini yang sedang mengimplementasikan pelajaran IPA yang diberikan di sekolah, menerima materi dari pengelola lahan praktik, tentang alat dan bahan dan prosedur budidaya Aquaponic dan Wick System dan mempraktikkannya pada komoditas sayuran selada. Sedangkan didalam screen tanaman hias krisan, mereka mengenal budidaya tanaman krisan yang dibudidayakan di BBPP Lembang. Dalam rangka pertanian ramah lingkungan, peserta juga memperoleh penjelasan tentang pembuatan pupuk kompos.

Fia, salah seorang guru SD Al-Azhar menyampaikan, “BBPP Lembang tepat untuk anak-anak belajar pertanian karena sesuai dengan pelajaran yang sedang dipelajari di sekolah, ada penjelasan secara teori dan praktik langsung yang membuat anak-anak bisa lebih memahami tentang pertanian”. SY/CTY