Mentan Tantang Widyaiswara BBPP Ketindan Tanam Jagung Tongkol Tiga

aa | Sabtu, 24 November 2018 , 08:33:00 WIB

Swadayaonline.com - Jum’at (23/11/2018) memang menjadi hari Jum’at berkah dan sangat istimewa bagi keluarga besar Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Kedatangan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman beserta Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Momon Rusmono, Direktur Polbangtan Malang, Bambang Sudarmanto dan pejabat Kementerian Pertanian yang turut mendampingi Menteri Pertanian, membuat atmosfer di BBPP Ketindan sangat sejuk. 

Setelah mengapresiasi dengan kebersihan lingkungan, penataan yang baik dan keramahan di BBPP Ketindan, Menteri Pertanian kemudian mengapresiasi pejabat eselon IV di BBPP Ketindan yang telah lama menjadi pejabat eselon IV serta mempunyai sifat kepedulian tinggi untuk dipromosikan menjadi pejabat eselon III di Polbangtan Malang. Promosi ini dilakukan salah satunya agar di Polbangtan Malang penataan kebersihan juga sama seperti yang telah dilaksanakan di BBPP Ketindan. Mentan Amran Sulaiman kemudian mempercayakan dan mempromosikan Novi Nuraini untuk siap menjadi Eselon III di Polbangtan Malang dan menyampaikan hal ini secara langsung kepada Momon Rusmono selaku Kepala BPPSDMP serta jajaran lainnya. 

Novi Nuraini saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan selama  3 tahun yang sebelumnya menjadi Kelapa Seksi Pelatihan Aparatur selama 8 tahun. Pengabdiannya selama ini telah membuahkan banyak prestasi. Layak jika dipromosikan menjadi pejabat eselon III. Disamping Novi Nuraini, BBPP Ketindan juga mempunyai widyaiswara handal yang telah melakukan riset untuk jagung bertongkol 3 atau lebih dari 2. Sampai saat ini riset yang dilakukan oleh Saptini Mukti Rahajeng masih dilakukan untuk menghasilkan benih yang stabil dan berkualitas. Oleh karenanya, Amran Sulaiman menantang kepada Saptini untu bisa menanam jagung tersebut dihamparan 10 ha agar bisa diketahui seberapa besar hasil dari riset yang telah dilakukan.

Mentan memberi bantuan alsintan untuk pengolahan lahan dan biaya sewa lahan agar riset segera dilanjutkan di hamparan 10 ha, serta membebas tugaskan Saptini untuk sementara waktu agar fokus dengan tanamannya. Jika riset ini berhasil, Mentan meminta segera menyampaikan keberhasilannya. 

Diakhir sidaknya, Amran Sulaiman memberikan penghargaan juga kepada petugas keamanan BBPP Ketindan, Slamet atas dedikasinya serta kesigapannya dalam menerima tamu dengan ramah dan tegas kepada semua tamu yang dating ke BBPP Ketindan. SY/YNI