BBPP Ketindan Raih Akreditasi A Sebagai Lembaga Diklat Profesional

aa | Minggu, 25 November 2018 , 21:52:00 WIB

Swadayaonline.com - Jalan panjang Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan untuk memperoleh akreditas A  akhirnya terjawab. Jum'at, 23/11/2018 Tim Asesor membacakan hasil penetapan penilaian akreditasi lembaga pelatihan. Dengan perolehan prosentase 93,81 atau skor A yang berlaku untuk 5 tahun kedepan.

BBPP Ketindan sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia secara profesional dan berdaya saing harus mampu melaksanakan pelayanan publik yang prima. Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) sebagai lembaga pembina penyelenggaraan diklat, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di lingkungan Kementerian Pertanian, bertanggung jawab merumuskan, menyusun dan melaksanakan norma standar, prosedur dan kriteria (NSPK) yang telah menerima mandat dari Lembaga Adminsitrasi Negara (LAN) untuk melaksanakan akreditasi program diklat teknis pertanian. 

Capaian hasil memuaskan akreditas ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan dari pengajuan surat secara resmi kepada Puslatan, kemudian proses pemberkasan dokumen serta upload data kelengkapan akreditasi, lalu dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Asesor yang juga dilaksanakam beberapa tahap sampai kepada visitasi dan dilanjutkan dengan rapat tim penilai untuk menetapkan hasil penilaian akreditasi.

Dari semua unsur mulai organisasi kelembagaan, program dan pengelolaan diklat yang disertai dengan bukti fisik BBPP Ketindan meraih nilai A atau 93,81 dari Tim Assesor untuk Pelatihan Pengolahan Hasil Ubi Kayu dan Ubi Jalar. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta semua pihak BBPP Ketindan yang telah sinergi untuk mendapatkan akreditasi A. 

Dengan capaian ini, kedepan BBPP Ketindan akan memaksimalkan peran sebagai lembaga pelatihan terakreditasi agar lebih meningkatkan pelayanan, mutu serta kualitas kediklatan dan semua fasilitas yang bisa dimanfaatkam dengan baik peserta diklat maupun pengguna jasa lainnya. SY/YNI