Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan

aa | Rabu, 28 November 2018 , 10:27:00 WIB

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan, Kamis (15/11/2018). Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Balai, Bandel Hartopo, dihadiri oleh perwakilan dari Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP, Polbangtan Bogor, Korem 051/Wijayakarta, Korem 061/Suryakencana, Korem 062/Taruma Negara, Korem 063/Sunan Gunung Jati, Dinas Pertanian Kab/Kota Provinsi Jawa Barat serta penanggung jawab UPSUS Pajale dan OPSIN BBPP Lembang. 

“Tujuan dilaksanakannya Rakor adalah untuk mensinkronkan perkembangan luasan lahan baku, rencana target Luas Tambah Tanam (LTT) dan realisasi LTT. Adapun untuk Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN), data yang harus disinkronkan adalah jumlah Asintan (traktor roda 4 dan traktor roda 2), target luas garapan lahan dan realisasi pemanfaatan. Sedangkan jenis Alsintan combine harvester kecil, sedang, dan besar data yang digali adalah jumlahnya, target dan realisasi panen. Selanjutnya menyusun strategi pencapaian target LTT dan OPSIN di Provinsi Jawa Barat dalam rangka menghadapi pertanaman musim hujan”, demikian sambutan Bandel Hartopo saat membuka kegiatan.

Rapat Koordinasi menyepakati beberapa hal diantaranya menyusun langkah strategis pencapaian LTT dan OPSIN di Provinsi Jawa Barat, sinkronisasi pelaporan realisasi OPSIN dan LTT dari sisi format laporan dan waktu pelaporan. (chetty)