Pelatihan Pertanian Organik di P4S Semai Organik

aa | Kamis, 29 November 2018 , 20:33:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Tahun Anggaran 2018 ini menyelenggarakan pelatihan bagi 120 orang petani yang diselenggarakan di 6 (enam) P4S Binaan BBPP Lembang. Keenamnya yaitu P4S Semai Organik dan P4S Bina Tani Panggupay di Kabupaten Bandung Barat, P4S Sawargi di Kabupaten Bandung, P4S Isokuiki di Kabupaten Majalengka, P4S Wira Tani di Kabupaten Karawang, serta P4S Tani Mulus di Kabupaten Indramayu.

Di P4S Semai Organik yang diketuai oleh Ibu Yusi Sulistiawati, dilaksanakan Pelatihan Pertanian Sayuran Organik selama 5 hari mulai tanggal 6 – 10 November 2018. Pelatihan diikuti oleh 20 orang petani penggiat organik di wilayah Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Selama berlatih, peserta memperoleh materi secara klasikal maupun praktik langsung tentang budidaya tanaman secara organik, pembuatan pupuk organik dan Mikro Organisme Lokal (MOL), pengendalian OPT dengan menggunakan pestisida nabati dan trichoderma.

Kamis (08/11/2018), peserta memperoleh materi tentang pembuatan pupuk organik dan MOL dari praktisi pertanian organik dan langsung mempraktikkannya. Dengan memanfaatkan sayuran yang sudah membusuk, peserta membuat pupuk organik dan MOL. MOL dapat berfungsi sebagai penyubur tanah, sebagai starter yaitu mempercepat proses penguraian bahan organik yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos. MOL juga sifatnya praktis karena berbentuk cairan dan ditempatkan di botol-botol sehingga mudah digunakan saat diaplikasikan ke tanaman.

Fitri, salah seorang peserta menyampaikan “Kami sudah memperoleh banyak materi selama berlatih, mulai dari proses penanaman, pembuatan pupuk organik, MOL, dan trichoderma. Kami akan aplikasikan di tempat kami masing-masing karena organik itu sehat”. SY/CTY