Balitbangtan Luncurkan SIMBENIH Untuk Mudahkan Masyarakat Dapatkan Benih

udin abay | Selasa, 04 Desember 2018 , 10:37:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui BB Biogen meluncurkan aplikasi perbenihan bernama SIMBENIH atau Sistem Integrasi untuk Pengelolaan Benih. _Soft launching_ aplikasi ini dibuka langsung oleh Kepala BB Biogen, Mastur PhD dan dihadiri oleh guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Tim penilai Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Jawa Barat serta seluruh peneliti lingkup BB Biogen.

Dalam sambutannya, Mastur menyebutkan bahwa SIMBENIH merupakan salah satu inovasi Balitbangtan agar masyarakat dapat mengakses benih di BB Biogen dengan lebih efektif dan efisien. Ini merupakan bentuk pemanfaatan teknologi agar pengguna lebih mudah mengakses benih di BB Biogen,” ujar Mastur, Senin (3/12/2018).

Peluncuran aplikasi SIMBENIH mendapat respon positif dari guru besar bidang pemuliaan tanaman IPB, Prof Sobir. Menurutnya aplikasi tersebut sangat bagus karena dapat menghubungkan antara penghasil benih sumber dengan produsen benih sehingga diharapkan kedepannya nanti makin banyak produsen yang mampu memproduksi benih-benih bermutu.

“Salah satu masalah produksi benih bermutu adalah keterbatasan dalam menyediakan benih sumber. Dengan adanya aplikasi ini para produsen yang biasanya menggunakan benih sebar menjadi lebih mudah untuk mendapatkan benih sumber”, jelas Sobir.

Sobir juga menjelaskan bahwa fungsi utama dari aplikasi adalah membantu _user_ atau pengguna. Terdapat dua indikator user terbantu atau tidak, yakni dilihat dari berapa banyak yang menggunakan dan berapa banyak orang yang memiliki _awareness_ atau kesadaran terhadap aplikasi tersebut.

“Saya mengusulkan agar aplikasi ini memiliki _chat room_ agar penggunanya mengetahui siapa saja produsen benih yang bisa dikontak. Jika aplikasi transportasi online hanya menemukan dua pihak yakni driver dengan penumpang, saya berharap di aplikasi ini bisa memertemukan tiga pihak, yakni pemulia, produsen benih dan terakhir konsumen”, sebut Sobir.

Hal senada disampaikan Tim penilai Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Jawa Barat, Abbas Alibasyah, MSi. Menurutnya masalah yang sering terjadi adalah tersedianya benih namun petani kesulitan untuk mendapatkannya. “Untuk itu kami sangat mendukung aplikasi ini. Mungkin kedepannya BB Biogen akan melebarkan sayap bekerjasama dengan kelompok tani agar tujuannya tercapai,” ujarnya.

*Cara Mengakses SIMBENIH*

Aplikasi SIMBENIH dapat diakses di alamat http://biogen.litbang.pertanian.go.id/simbenih/. Untuk mengajukan permohonan, pengguna diwajibkan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data diri di kolom yang telah disediakan.

Selain registrasi, pengguna juga diminta untuk melengkapi berkas berupa surat rekomendasi dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB), surat permohonan sertifikasi online dari BPSB, dan terakhir adalah peta lapangan. Jika seluruh persyaratan telah dipenuhi, barulah BB Biogen dapat memproses permohonan dari pengguna baik itu produsen maupun petani.

Selain untuk permohonan benih, aplikasi SIMBENIH juga dapat digunakan untuk mengetahui data produksi benih di BB Biogen. SY/HMSL