Kalteng Laksanakan Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Genetik Tanaman Lokal

udin abay | Selasa, 04 Desember 2018 , 17:02:00 WIB

Swadayaonline.com - Kalimantan Tengah (Kalteng) merupakan salah satu provinsi yang telah memiliki Komda Sumber daya Genetik, saat ini Komda SDG sudah terbentuk di 24 provinsi, demikian disampaikan Dr. Soetoro mewakili Ketua Komisi Nasional (Komnas) SDG Pusat saat menghari kegiatan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumberdaya Genetik Tanaman Lokal  (5/12/2018) di Palangka Raya.
Acara dibuka oleh Assiten II bidang Ekonomi dan Pemerintahan mewakili Gubernur Kalimantan Tengah.
Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kalteng dikenal sebagai provinsi yang memiliki sumber SDG atau plasma nutfah yang sangat banyak dan tersebar di seluruh kab/kota, baik dari fauna dan flora, seperti jenis padi lokal, anggrek, tanaman obat, tanaman buah, dll dan semuanya bermanfaat bagi kehidupan dan harus dikelola dipelihara keberadaanya.

Acara pengelolaan SDG Kalteng juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian-Bogor (Dr.Haris Syahbuddin) dalam sambutanya beliu menekankan tentang pentingnya SDG bagi kehidupan dan masa depan manusia, menurut beliau kerjasama dalam pengelolaan SDG mutlak diperlukan dan Badan Litbang melalui BPTP Kalteng siap menjalin kerjasama dalam mengelolanya bersama Badan/Dinas lingkup pemeritahan Prov.Kalteng serta dari unsur Perguruan Tinggi dan Sekolah Umum.
Saat ini menyrutnya sedang digodok Peraturan Mentri Pertanian yang memberikan tugas dan wewenang kepada BPTP dalam menerapkan inovasi teknologi di daerah termasuk mengelola, menyelamatkan dan memanfaatkan Seumber daya Genetik, ungkapnya.

Sementara itu kepala BPTP Kalteng (Dr. F.F.Munier)  menyatakan bahwa saat ini BPTP Kalteng telah menginventarisir lebih dari 100 aksesi padi lokal dan sebagian telah diamankan melalui penyimpanan di Bank Gen Kementerian Pertanian yang twrdapat di Balai Besar Bioteknologi dan Sumber daya Genetik Pertanian Bogor.
Acara yang berlangsung selama satu hari ini juga menghadirkan nara sumber dari Fakultas Kedokteran Univ.Palangka Raya (dr. Herianti) yang menyampaikan Manfaat dan Efek Medis Penggunaan Obat Herbal spesifik Kalimantan Tengah.  Menurutnya Kalteng kaya akan tanaman obat seperti tapak dara, Bawang Dayak, Binahong, akar kuning, saluang belum dan pasak bumi, yang kesemaunya memiliki khasiat buat kesehatan manusia.  Selain dari tanaman juga dari fauna seperti khasiat ikan Gabus yang menurut masyarakat Dayak memiliki khasiat sebagai obat penyembuh sehabis operasi, karena memiliki zat albumin dan nutrisi yang tinggi, sehingga mempercepat penyebuhan luka.