Replikasikan Model BioIndustri Sawit-Sapi, BPTP Kalteng Laksanakan Bimtek

udin abay | Jum'at, 07 Desember 2018 , 19:02:00 WIB

Swadayaonline.com - Sebagai bagian dari komitmen untuk mentransfer teknologi tepat guna spesifik lokasi, BPTP Kalteng laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Pakan Komplit Berbasisi Limbah Kelapa Sawit di desa Sari Harapan kec. Parenggean kab.Kotawaringin Timur (7/12/2018).
 
Kepala Dinas Pertanian kab.Kotawaringin Timur (Ir. Made Dirkantara) yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa pihaknya mempunyai dua tugas utama dalam dalam pembangunan pertanian, yaitu swasembada beras dan swasembada daging.  Kegiatan Bimtek yang dilakukan BPTP merupakan upaya dalam meningkatkan produktivitas dan populasi ternak dan kami sangat terbantu dan terima kasih atas pendampingan teknologinya. Pakan yang telah dihasilkan telah terbukti dapat menghasilkan Bobot Harian Sapi sampai dengan satu kilogram perharinya dan penjualnnya sudah merambah sampai ke Pulau Jawa ungkap Made.

Sementara itu Kepala BPTP Kalteng (Dr.F.F.Munier) mengatakan bahwa Bimtek Pembuatan Pakan Komplit merupakan Diseminasi kegiatan Pertanian Bioindustri Sawit-Sapi Spesifik Lokasi yang telah memasuki pada tahapan Pengembangan Model dan Penguatan Kelembagaan petani-peternak, seperti Koperasi Unit Desa (KUD) Sudah ada enam kelompok peternak yang telah kita bina untuk mengembangkan pakan ternak berbasis limbah sawit ini ungkapnya.

 Diharapkan agar model inovasi teknologi integrasi sawit-sapi terus berkembang di masyarakat. Dukungan dari Pemerintah Daerah, Perusahaan Besar Sawit (PBS) sangat diperlukan agar petani dapat dengan mudah memperoleh bahan baku untuk pembuatan pakan, seperti limbah Solid, Bungkil Inti Sawit.(BIS), Pelepah dan Onggok (ampas ubi kayu) kepada PBS yang ada di Kan.Kotawaringin Timur.

Sementara itu Paryono (52 tahun) Ketua Kelompoktani Jaya Makmur yang telah sukses memproduksi pakan komplit  berbasis limbah sawit, bercerita bahwa awalnya hanya memiliki 16 ekor sapi, berkat penerapan model Bioindustri penggunaan pakan komplit telah berkembang biak sebanyak 92 ekor sapi. Saat ini kelompoknya sudah mampu menghasilkan 3 jenis produk  pakan, yaitu pakan komplit untuk pembiakan, pakan komplit untuk penggemukan dan pakan konsentrat sebagai makan tambahan yang penuh gizi, dengan kapasitas produksi memproduksi 3 - 4ton per harinya. SY/HMSL